Jenis Gamis di Seluruh Dunia

Seperti yang sudah diketahui bahwa orang Muslim ini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Jadi orang Muslim itu bukan hanya ada di Timur Tengah saja, namun ada juga di benua-benua lainnya, bahkan sampai ke benua Amerika dan Eropa, Dengan tersebarnya orang Muslim di dunia, tentunya masing-masing orang Muslim tersebut memiliki budayanya yang berbeda-beda. Begitupun soal baju gamis. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang jenis-jenis gamis di seluruh dunia sebagai berikut :

  1. Galabbiya

Baju ini merupakan jenis busana muslim yang sering digunakan oleh masyarakat di Afrika Utara, seperti Sudan, Mesir, dan Ethiopia. Sekilas Galabbiya ini mirip dengan Thawb yang digunakan oleh masyarakat di Arab. Namun perbedaannya, Galabbiya ini memiliki potongan yang lebih lebar. Selain itu baju ini juga tidak memiliki kerah, dan juga tidak ada kancing.

gamis di dunia

  1. Djellaba

Gamis ini berasal dari Maroko, Afrika Utara. Gamis ini juga bukan hanya digunakan oleh kaum laki-laki saja, namun kaum perempuan juga bisa menggunakannya. Selain itu, gamis ini memiliki 2 varian jenis bahan yang disesuaikan dengan musim. Misalnya, pada saat musim dingin akan menggunakan Djellaba dari bahan wol , sedangkan pada musim panas akan menggunakan Djellaba dari bahan katun.

  1. Kanzu

Gamis ini biasanya digunakan oleh masyarakat di negara-negara Afrika. Seperti Uganda, Kenya. Dan Tanzania. Gamis ini menjadi identitas warga muslim di sana. Dan gamis ini biasanya memiliki warna krem atau putih. Keberadaan Kanzu ini disinyalir merupakan pengaruh dari para pedagang Arab yang datang ke kawasan ini di masa lalu.

  1. Shalwar Kameez

Baju gamis ini merupakan busana nasional dari negara Pakistan. Selain itu, gamis ini juga menjadi model baju yang digunakan di negara-negara Asia Selatan, seperti India, dan Afghanistan. Shalwar Kameez ini merupakan satu set pakaian yang terdiri dari celana yang disebut shalwar dan baju yang disebut kameez.

  1. Kurta

Gamis ini banyak digunakan oleh masyarakat dari negara-negara di Asia Selatan, seperti Afghanistan, Pakistan, India, dan Banglasdesh. Dimana model gamis ini biasanya berbentuk memanjang hingga bagian lutut. Namun ada juga desain kurta dengan bentuk yang lebih pendek, yang disebut kurti. Gamis ini, baik kurta maupun kurti menjadi pakaian sehari-hari yang biasa digunakan untuk beraktivitas, maupun untuk acara formal, oleh masyarakat di Asia Selatan. Dalam penggunaannya, kurta ini dikombinasikan dengan celana jeans. Selain itu, secara tradisional kurta ini memiliki ciri khas dengan tidak memiliki kerah. Namun pada saat ini, desain kurta modern tersedia dengan pilihan kerah maupun tidak.

  1. Thawb

Perlu anda ketahui bahwa thawb ini merupakan penyebutan gamis di Arab Saudi. Dimana baju ini memiliki panjang mencapai hingga mata kaki. Gamis ini menjadi pakaian yang umum digunakan oleh masyarakat di Arab sana. Mulai dari rakyat biasa, hingga anggota Kerajaan Arab Saudi. Selain di Arab, gamis ini juga banyak digunakan oleh orang muslim di Indonesia. Namun penggunaan gamis ini hanya dilakukan pada saat acara keagamaan saja, namun untuk acara nonformal banyak yang menggunakan baju koko.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *