Tips Memilih Topi yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Topi merupakan salah satu aksesoris kepala yang bisa mendukung penampilan seseorang menjadi lebih keren. Untuk itu sebelum anda memilih topi, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu cara memilih topi yang sesuai dengan bentuk wajah. Berikut tips memilih topi yang sesuai dengan bentuk wajah :

  1. Ukur Dahi

Tips yang pertama dalam memilih topi sesuai wajah adalah dengan mengukur dahi. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan pita meteran untuk mengukur lebar dahi. Caranya, ukur dari puncak salah satu alis ke puncak alis sebelah. Lalu catat angkanya.

tips memilih topi

  1. Ukur Tulang Pipi

Tips berikutnya adalah ukur tulang pipi. Cara mengukurnya masih menggunakan meteran, yakni ukur jarak antara kedua pipi atas. Mulailah serta akhiri pada tonjolan di bawah sudut luar mata. Kemudian catat angkanya.

  1. Ukur Garis Rahang

Untuk tips selanjutnya adalah ukur garis rahang. Masih menggunakan meteran untuk mengukur ujung bawah dagu ke bawah telinga. Lalu hentikan pada titik rahang mengarah ke atas. Kalikan angkanya dengan dua. Dan catat hasilnya, itulah ‘garis rahang’ anda.

  1. Ukur Panjang Wajah

Tips berikutnya adalah dengan mengukur panjang wajah. Caranya, ambil pita meteran untuk mengukur jarak dari tengah dahi (di garis rambut) ke ujung bawah dagu. Jangan lupa catat angkanya.

  1. Tanyakan Beberapa Hal Berikut

Setelah melakukan pengukuran, jawablah pertanyaan berikut dengan mengacu hasil dari pengukuran :

– Bagian apa yang paling lebar dari wajah anda?

– Bagaimana bentuk rahang anda?

– Seberapa panjang wajah anda? Apakah lebih panjang dibandingkan lebar, jika ya, berapa banyak?

  1. Bentuk-Bentuk Wajah

Wajah Oval

Panjang wajah oval kira-kira satu setengah kali lebih besar daripada lebarnya. Dimana dahi sedikit lebih lebar daripada garis rahang, serta sudut rahang membulat. Wajah oval ini bentuknya mirip telur.

Wajah Bulat

Wajah berbentuk bulat ini memiliki panjang dan lebar yang sama. Ciri wajah bulat ini adalah pipi penuh, dagu bulat, dan garis rambut bulat. Selain itu, wajah bulat ini akan nampak lebih muda dibandingkan bentuk wajah lainnya.

Wajah Panjang

Bentuk wajah seperti ini memiliki panjang yang lebih dibandingkan lebarnya. Dimana ukuran tulang pipi, dahi, dan garis rahang kurang lebih sama. Selain itu, wajah panjang ini mungkin memiliki dahi tinggi.

Wajah Hati

Wajah berbentuk hati ini memiliki titik paling sempitnya adalah dagu. Dimana wajah hati memiliki dahi luas/tulang pipi lebar, serta dagu lancip.

Wajah Kotak

Wajah kotak ini memiliki panjang serta lebar yang sama. Dimana jarak dari dahi ke dagu dan dari pipi ke pipi kira-kira sama.

Wajah Segitiga

Wajah segitiga ini memiliki ciri dengan garis rahang lebar, tulang pipi yang sedikit kecil, serta dahi yang paling kecil. Wajah segitiga ini bisa disebut juga wajah pir.

  1. Memilih Topi yang Tepat

– Wajah oval, untuk wajah ini bisa memilih model topi apa saja, yang penting serasi dengan baju yang dikenakan.

– Wajah bulat, untuk wajah ini tambahkan aspek asimetris pada wajah. Anda bisa menggunakan topi pet, topi newsboy, dan topi fedora.

– Wajah panjang, sebaiknya menggunakan topi bergelombang dan puncak merendah, seperti topi pantai.

– Wajah hati, gunakanlah topi bertepi sedang, seperti baret, beanie, homburg, dan lain-lain.

– Wajah kotak, sebaiknya menggunakan topi model bulat. Karena wajah anda yang simetris membutuhkan fitur bulat yang bisa melembutkan garis wajah.

– Wajah segitiga, wajah segitiga sama dengan wajah oval dimana bisa menggunakan semua model topi.

Itulah beberapa tips dalam memilih topi yang sesuai dengan bentuk wajah. Semoga informasi ini ada manfaatnya terutama bagi anda yang suka menggunakan topi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *