Tips Menggunakan Baju Cheongsam Untuk Dewasa dan Anak

Setiap suku bangsa itu tentunya memiliki kebudayaannya masing-masing, baik itu bahasanya, pakaiannya, tarian, alat musik, dan lain sebagainya. Begitupun suku bangsa China atau Tiongkok yang memiliki ciri khas budayanya, seperti baju Cheongsam.

Perlu anda ketahui bahwa Cheongsam atau qipao ini merupakan baju tradisional China yang sering digunakan oleh kaum wanita.

Untuk itu dalam artikel kali ini akan memberikan tips menggunakan baju Cheongsam untuk dewasa dan anak sebagai berikut :

Tips Untuk Dewasa

Cheongsam

1. Bentuk Tubuh

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan baju Cheongsam adalah mengetahui bentuk tubuh anda. Hal ini dikarenakan pada umumnya desain Cheongsam ini selalu berusaha untuk menonjolkan kelebihan tubuh.

Misalnya bagi anda yang memiliki postur tubuh tinggi, maka baju Cheongsam panjang semata kaki bisa menjadi pilihan anda. Sedangkan bagi anda yang berpostur mungil, Cheongsam selutut merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

Selain itu Cheongsam ini selalu dilengkapi dengan belahan rok sehingga memungkinkan penggunanya untuk bisa bergerak dengan mudah dan leluasa.

Ditambah dengan belahan depan atau belakang yang bisa digunakan bagi anda yang memiliki kaki ramping. Sedangkan bagi yang memiliki kaki lebih berisi, maka gunakanlah belahan kecil di samping pada dua sisi. Selain itu kerah merupakan elemen yang sangat penting dari Cheongsam.

Dimana desain tradisional Cheongsam ini memiliki kerah yang cukup tinggi dan tertutup. Biasanya garis kerah pada Cheongsam ini memanjang terus hingga ke dada sehingga membuat leher terkesan nampak lebih elegan. Jadi bentuk kerah model ini sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki leher panjang.

Sedangkan untuk anda yang memiliki leher pendek, maka sebaiknya gunakan Cheongsam dengan kerah rendah atau tanpa kerah dengan model V pada bagian depan leher.

2. Warna

Untuk warna baju Cheongsam rata-rata masyarakat Cina di sana menggunakan warna merah, hal ini dikarenakan mereka mempercayai bahwa warna merah mempunyai simbol keberuntungan dan juga kesejahteraan. Selain itu juga, Cheongsam sering digunakan oleh pengantin atau juga digunakan pelayan restoran.

Sehingga, warna yang cerah biasanya banyak digunakan para wanita muda sedangkan warna-warna yang gelap umumnya digunakan oleh wanita yang lebih tua. Konon katanya hal ini dapat menggambarkan kepribadian si pemiliknya.

Selain itu juga, bagi bagi anda yang mempunyai tubuh berisi, anda harus menghindari warna-warna yang terang. Sebaiknya bagi anda yang mempunyai tubuh berisi, anda bisa menggunakan warna-warna yang gelap seperti merah marun, hitam, abu-abu, biru tua dan lain sebaginya.

Tips Untuk Anak

Cheongsam-kids

1. Pilihlah Dress Atasan Berwarna Cerah Sebagai Alternatif

Dalam Cheongsam tentunya wrana yang cerah melambangkan semangat yang harus selalu ada, untuk itu bunda bisa memilih dress untuk si putri atau atasan kemeja bagi jagoaan sebagai alternatif slah satunya warna merah, pink, biru muda, putih dan lain-lainnya.

2. Aksesoris Rambut Untuk Si Putri Kecil

Jika baju cheongsam nya sudah oke, tentunya penampilan si buah hati akan kurang maksimal jika rambutnya hanya digera saja. Untuk itu, bunda bisa memperindah penampilannya dengan melakukan tatanan rambut seperti di kucir dua, di tata seperti karakter Pucca yang lucu, atau juga bisa dikepang ke samping.

Selain itu juga, bunda bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti jepitan rambut agar terlihat lebih indah dan juga cantik bagi putri kecil anda.

Itulah beberapa tips menggunakan baju Cheongsam untuk dewasa dan anak, semoga informasi ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *