5 Ide Usaha Rumahan yang Dapat Dijadikan Bisnis Sampingan

AyaWanita.com – Semakin banyaknya kebutuhan hidup dari hari ke hari dan naiknya harga barang, memaksa kita untuk terus mencari cara agar mendapatkan penghasilan tambahan. Meskipun telah memiliki pekerjaan utama, tidak sedikit orang yang mencari bisnis sampingan untuk mendapatkan uang tambahan di samping gaji bulanannya.

Untungnya, di era yang serba mudah seperti saat ini tidak sulit untuk mencari uang di sela-sela pekerjaan utama. Sehingga sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan berbagai peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan sekunder rumah tangga. Berkat kemajuan teknologi, setiap orang berkesempatan untuk terus mengembangkan dirinya.

Ingin memulai bisnis sampingan yang bisa menambah penghasilan bulananmu? Berikut di bawah ini 5 ide usaha rumahan yang dapat dijadikan bisnis sampingan. Simak yuk ada apa saja!

1. Katering 

Ide usaha rumahan yang pertama adalah bisnis katering. Jika kamu gemar atau sangat antusias di bidang kuliner, membuka bisnis katering bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan.

Sekarang ada banyak sekali katering besar yang awalnya hanya berupa usaha rumahan kecil saja. Tetapi yang perlu diingat adalah untuk memulai bisnis katering ini tidak harus memiliki keahlian memasak yang luar biasa. Karena banyak pengusaha kuliner yang pada dasarnya tidak mahir memasak, tetapi memiliki selera yang tepat. Yang diperlukan hanyalah menemukan juru masak yang tepat, yaitu juru masak yang memiliki kesamaan visi, selera, serta etos kerja denganmu. 

2. Warung Makan

Warung makan merupakan salah satu ide bisnis sampingan terbaik yang cocok dikembangkan para ibu rumah tangga. Terlebih lagi jika memiliki warung makan yang berada di jalan ramai dan dilalui kendaraan.

Dalam memilih menu yang akan disajikan juga, sebaiknya memperhatikan selera dan kemampuan ekonomi dari sekitar. Pasalnya untuk membuka warung itu pastinya harus diperlukannya minat yang menarik dari para pelanggan terdekat terlebih dahulu. Bisa dibilang harus membangun terlebih dahulu komunitas pelanggan. 

Baca juga: Kumpulan Artikel Harian Terbaru Seputar Wanita dari Popbela

3. Blogging

Menjadi blogger juga bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang paling tepat bagi mereka yang gemar menulis. Terlebih lagi jika blog yang dibuat berisi konten menarik yang ramah SEO, pastinya akan ramai dikunjungi.

Blog yang ramai dikunjungi juga dapat menarik perhatian pihak lain yang ingin memasang iklan di blog milikmu ataupun mengajak kolaborasi untuk membuat campaign sebuah produk. Jika kamu semakin terkenal, maka menjadi blogger juga dapat menghantarkan kamu menjadi seorang influencer. Ini merupakan salah satu profesi yang sejak beberapa tahun yang lalu terus berkembang. 

4. Laundry

Sekarang kebanyakan orang bekerja dari pagi hingga malam, sehingga menyebabkan terbengkalainya tugas-tugas rumah tangga yang salah satunya adalah urusan cuci mencuci.

Hal tersebutlah yang menjadikan laundry sebagai ide bisnis rumahan sampingan terbaik yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika kamu tinggal di kawasan yang ramai dengan kosan mahasiswa ataupun pegawai. Mengingat mereka pastinya tidak memiliki banyak waktu, tenaga, ataupun niat untuk mencuci pakaiannya sehari-hari. 

5. Mencuci Mobil dan Motor 

Ide usaha rumahan yang kelima adalah “salon” kendaraan. Bisnis pencucian kendaraan juga bisa menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya hampir setiap pemilik kendaraan selalu menginginkan kondisi kendaraan yang selalu bersih, sedangkan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya sendiri. Hal tersebutlah yang bisa dijadikan peluang bisnis bagi kamu. Kamu bisa bisa memulainya dari skala yang kecil, misalnya saja hanya untuk mencuci motor saja. 

Nah itu dia 5 ide usaha rumahan yang bisa kamu jadikan referensi dan pertimbangan untuk dicoba. Tak hanya dibaca, buatlah planning yang baik dalam mengeksekusi niat menjalani bisnis sampinganmu. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Baca juga: Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan yang Bisa Melecut Semangat Hidupmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *