6 Ciri Teman yang Baik Diajak Berteman

Hubungan tidak sekadar tentang sepasang insan yang terjalin karena cinta dan asmara. Pertemanan juga merupakan sebuah hubungan. Sangat penting bagi semua orang untuk menjalin pertemanan yang baik dengan sesama. Teman pun sangat beragam jenisnya. Ada teman sejati, ada juga teman palsu. Teman sejati tentunya mereka yang memiliki hubungan yang baik ketika kita sedang dalam keadaan ataupun duka. Sementara teman palsu adalah mereka yang mau berteman hanya untuk tujuan tertentu.

Tips Memilih Teman yang Tepat dan Baik

Karena peran teman begitu besar bagi diri setiap orang, sangat penting untuk menemukan teman yang tepat. Memiliki teman yang baik sangat bermanfaat untuk kehidupan anda. Teman dapat mendukung anda dalam suka dan duka, terlebih jika pertemanan yang terjalin adalah pertemanan yang sehat. Persahabatan adalah bentuk pertemanan yang sehat dan baik. Dengan seiring berjalannya waktu, orang-orang yang ada di sekitar kita bisa datang dan pergi. Oleh karena itu, pilihlah teman yang baik.

Untuk memiliki teman-teman yang tepat dan baik, ada beberapa ciri teman yang baik perlu diperhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih teman melalui ciri-ciri teman yang baik.

1. Jujur dan dapat dipercaya
Jangan sembarangan berteman. Bertemanlah dengan orang yang memiliki sikap jujur dan dapat dipercaya. Banyak orang dikhianati oleh temannya yang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya. Pilihlah teman yang benar-benar hendak menjalin hubungan pertemanan. Teman yang baik tidak akan berusaha menyakiti temannya.

2. Dapat diandalkan
Teman yang baik adalah mereka yang dapat diandalkan. Ada banyak konsep teman dapat diandalkan. Misalnya adalah teman dapat membantu anda dalam mengatasi sesuatu masalah. Ketika anda meminta bantuan kepada teman yang baik, mereka mampu memenuhi bantuan yang anda inginkan.

3. Setia kawan
Teman yang baik tentunya adalah mereka yang tidak menusuk dari belakang. Artinya, dia tidak menjatuhkan anda sebagai temannya. Selain itu, teman yang baik adalah mereka yang akan menemani anda di kala duka maupun suka. Ketika anda jatuh, teman akan berempati. Dia akan ikut merasakan duka yang sedang anda rasakan. Teman yang baik siap membantu anda sebagai temannya.

4. Pendengar yang baik
Hampir semua teman yang baik adalah mereka yang bisa menjadi sosok pendengar yang baik. Teman adalah tempat curhat terbaik. Meskipun dia tidak mampu mengatasi setiap masalah yang ada, tetapi setidaknya teman yang baik mampu mengurangi beban yang sedang anda rasakan. Seorang sahabat bahkan mampu mendengar masalah hubungan asmara anda meski dalam keadaan bosan dan lelah.

5. Menerima kondisi anda apa adanya
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang teman yang baik adalah dia yang suportif saat suka dan duka. Jadinya meskipun kondisi anda sedang melarat atau kesusahan, teman anda tetap bersedia menemani. Teman yang baik tidak melihat apakah anda kaya atau tidak.

6. Memberikan kenyamanan ketika berada di dekatnya
Bagaimana teman yang baik itu? Teman yang baik adalah teman yang mampu membuat anda nyaman ketika berada di dekatnya. Jadi jika anda memiliki teman yang membuat risih dan tidak nyaman, maka anda perlu mempertimbangkan teman tersebut. Terkadang, ada teman yang cerewetnya minta ampun. Hal ini tentu sangat mengganggu. Meskipun begitu, teman seperti ini juga bisa membuat anda nyaman.

Jadi, teman yang baik adalah mereka yang mampu membuat anda nyaman terlepas apakah mereka cerewet, pendiam atau lain sebagainya.
Nah, demikian itu adalah beberapa tips berteman dan ciri-ciri teman yang baik. Maka dari itu, mulailah untuk memilih teman yang tepat sehingga hidup anda menjadi nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *