Menu Close

Bacaan dan Keutamaan Sholawat Burdah

Advertisements
Sumber: myPangandaran

Sebelum berdoa dan meminta setiap keinginan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita dianjurkan untuk membaca sholawat untuk Nabi terlebih dahulu.  Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, hendaklah dimulai dengan mengangungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Ada banyak jenis sholawat yang bisa dibaca salah satunya adalah sholawat Burdah. Sholawat Burdah merupakan syair, kasidah, atau puisi dalam bahasa Arab yang berisi pujian dan doa yang dipanjatkan untuk Nabi Muhammad Sholallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bacaan Sholawat Burdah dan Artinya

Sumber: imujio

Maulaya sholli wasslim ddirman aabdan ‘alal habibika khoirul kholqi kullihimi. Huwalhabiibulladzi turjasyafaatuhu likulli hauli minal ahwali muqtahami. Amin tadzakkuri jirooni bidzi salami, mazjta dam’ann jaroo muqlatin bidami. Am habbatirrihu mintilqooi kaadhzimatin, wa auwmadhzol barqu fiz dhzomaai idhzomi. Ya Robbi bil Musthofa balligh maqoo sidanaa, waghirlana mamadhzo yaa wa-asi’al karomi.

Artinya:

“Wahai Tuhan kami (Allah) curahkanlah selalu sholawat dan salam selalu selama-lamanya dan abadi, kepada kekasih-Mu (Muhammad) yang terbaik diantara semua makhluk. Apakah karena teringat tetangga yang tinggal di Dzalim, sehingga engkau cucurkan air mata tercampur darah yang mengalir di matamu. Ataukan karena tiupan angin kencang yang kencang yang berhembus dari arah ‘Kadzhimah’, atau karena sinar kilat yang membelah kegelapan malam dari Gunung ‘Idhzam’.  Wahai Tuhanku demi Al-Musthofa Muhammad sampaikanlah maksud dan hajat-hajat kami, dan ampunilah dosa-dosa kamu yang terdahulu wahai Yang Maha Luas dan wahai Yang Maha Dermawan.”

Baca juga: Mandi Junub atau Mandi Wajib? Inilah Niat, Urutan Pelaksanaannya, dan Hadist

Keutamaan Sholawat Burdah

Berikut beberapa keutamaan atau manfaat sholawat Burdah:

  • Dapat Menghilangkan Kesedihan dan Meringankan Masalah

Jika anda sedang mengalami banyak permasalahan hidup yang membuat sedih, anda bisa membaca Sholawat Burdah sebagai penawarnya. Pasalnya, salah satu manfaat atau keutamaan Sholawat Burdah adalah mampu menghilangkan rasa sedih serta menghilangkan masalah yang sedang anda hadapi.

Advertisements

Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan Nabi dalam sebuah hadits yang berbunyi,

Artinya: ”Siapa membaca sholawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menjabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatkan; Perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”

  • Dapat Pembuka Pintu Rezeki

Keutamaan Sholawat Burdah berikutnya adalah dapat membuka pintu rezeki yang berlimpah. Oleh karena itu, perbanyaklah bersholawat agar rezeki kita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala mengalir terus tanpa henti.

  • Dapat Mempermudah Segala Urusan

Yang namanya hidup di dunia tentunya kita sebagai manusia akan memiliki urusannya masing-masing. Terkadang hal inilah yang menimbulkan berbagai persoalan hidup yang membuat kita merasa sulit dan susah. Sebagai penawarnya anda bisa coba membaca Sholawat Burdah secara rutin sehingga segala urusan yang sedang anda hadapi menjadi lebih mudah.

  • Dikabulkannya Hajat dan Dilindungi Dari Penyakit Serta Marabahaya

Manfaat sholawat Burdah yang terakhir adalah dikabulkannya hajat atau keinginan yang selama ini anda harapkan.

Selain itu, dengan rutin membaca Sholawat Burdah juga kita akan dilindungi dari segala penyakit dan marabahaya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Sholat Tahajud

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *