Mandi Junub atau Mandi Wajib? Inilah Niat, Urutan Pelaksanaannya, dan Hadist

Umat ​​Islam mungkin tidak asing mendengar kata “Mandi Junub”, namun mendengarnya saja tidak cukup. Mari kita pahami lebih dalam apa itu mandi junub dengan doa mandi junub. Karena mandi junub menjadi sangat penting terutama bagi pasangan suami istri, hal itu berkaitan dengan kelangsungan ibadah kita kepada Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, wajib untuk mensucikan diri agar dapat beribadah dengan bersih.

Shower" Kamar Mandi Berpotensi Jadi Sarang Bakteri Berbahaya Halaman all -  Kompas.com

Doa atau Niat Mandi Junub

Bismillahirahmanirahim Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhol lillahi Ta’ala.” Yang artinya: “Dengan Menyebut Nama Allah Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Junub yang Benar Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

1. Mulailah dengan membaca niat dari mandi junub atau mandi wajib sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas, karena perlu diketahui bahwa membaca niat hukumnya wajib. Cara membaca niat ini bisa dilafalkan sembari menghafalkan niatnya, atau boleh juga dengan mengucapkan dalam hati saja. Berikut hadist dari melafalkan niat yang diriwayatkan oleh Umar bin Khaththab bahwa sang baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sebagai berikut ini:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Yang artinya: “Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat.

2. Membasuh kedua tangan sebanyak 3x sesuai dengan sunnah dari Rasulullah SAW.

3. Bersihkan bagian kemaluan anda juga bagian tubuh lainnya yang sering dianggap kotor alias tersembunyi seperti lubang dubur, pusar, ketiak, sampai sela-sela jari kaki, jangan lupa bersihkan dengan tangan kiri ya.

4. Ulangi mencuci tangan kiri dan kanan setelah anda gunakan untuk membersihkan bagian tersembunyi yang sudah dijelaskan di poin ketiga, bilas dengan air juga sabun untuk menjaga kebersihan kedua tangan anda.

5. Selesai mandi jangan lupa untuk melakukan wudhu seperti ketika anda hendak melaksanakan sholat.

6. Jangan lupa untuk membasuh rambut juga kepala atau lebih mudahnya adalah keramas dengan jari jemari yang sudah dibasahi air bersih juga shampoo agar lebih steril lagi.

7. Siram kepala anda dengan air sebanyak 3x sampai semua bagian kepala, rambut juga kulit basah terguyur air.

8. Terakhir guyur tubuh dengan merata dari ujung rambut sampai ujung kaki, jangan lupa untuk membasuh bagian kanan dulu baru dilanjutkan ke bagian kiri.

Hadist pendukung untuk poin 2 sampai 8:

عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا اغتسل من الجنابة غسل
يديه ، ثم توضأ وضوءه للصلاة ، ثم اغتسل ، ثم يخلل بيده شعره حتى إذا ظن أنه قد أروى بشرته

أفاض عليه الماء ثلاث مرات ، ثم غسل سائر جسده

Yang artinya: “Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha; dia berkata, “Bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dari janabah maka beliau mulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhunya untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya kedalam air kemudian menyela dasar-dasar rambutnya, sampai beliau menyangka air sampai kedasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan kedua tangannya sebanyak tiga kali kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Doa Dan Cara Mandi Wajib Setelah Haid Di Jelaskan Dalam Al-Qur’an

Inilah yang dimaksud dengan mandi junub atau disebut juga mandi wajib, yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT, penguasa semuanya. Kemudian dari segi niat atau sholatnya juga terbagi menjadi 4 jenis yang diperuntukan untuk berbagai kalangan umat Islam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *