5 Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Aman

Rambut yang rusak dan mudah patah hingga mengalami kerontokan, lama kelamaan akan menipis. Mungkin saat ini Anda sedang mengalami kerontokan dan rambut menjadi tipis, Anda pasti mencari tahu bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan aman.

Penyebab Rambut Rontok
Akar rambut atau folikel akan memproduksi keratin yang merupakan protein khusus, pembuat rambut. Sel rambut lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit kepala, ketika folikel memproduksi sel rambut yang baru dan membentuk untaian sel keratin yang sudah mati yang disebut sebagai rambut.
Penyebab rambut rontok yang paling umum adalah karena stres emosional dan paparan radikal bebas. Selain itu, rambut mudah rontok juga bisa terjadi karena Anda sakit, berhenti menggunakan pil KB, pemulihan pascaoperasi, setelah melahirkan dan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis.

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat
Proses pemulihan pada pertumbuhan rambut, pada umumnya terjadi selama 6-9 bulan. Meskipun tidak ada cara penumbuhan rambut yang instan, Anda bisa melakukan cara-cara berikut untuk menumbuhkan rambut menjadi lebih lebat dan sehat berikut ini.

1. Mencukupi Asupan Makanan Bergizi

Untuk menumbuhkan rambut dengan efektif adalah mengkonsumsi dan mencukupi asupan vitamin dengan makanan yang bergizi sehingga dapat menutrisi rambut Anda. Berikut beberapa asupan yang harus Anda lengkapi untuk mengurangi rambut rontok.

6 Makanan Bergizi Baik untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

  • Omega-3 dan omega-6

Asam lemak Omega-3 dapat Anda peroleh dari ikan laut (seperti tuna dan sarden), kacang-kacangan (seperti almond dan kenari), buah dan sayuran (seperti bayam dan alpukat). Sedangkan asam lemak Omega-6 bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan (seperti mede, almond dan kedelai).

Wanita yang  mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung omega-3 dan omega-6 mengalami kerontokan yang lebih sedikit.

  • Vitamin C

Kekuatan rambut daoat terjaga dan membuat rambut menjadi berkilau dapat diperoleh dari kamdungan antioksidan pada Vitamin C. 

Vitamin C dapat diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan seperti nanas dan jeruk yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen rambut.

  • Vitamin B5 dan biotin

Makanan yang banyak mengandung vitamin B5 dan biotin adalah kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kenari, almond dan kacang polong), kuning telur, ubi jalar dan keju.  Dengan mengonsumsi Vitamin B5 dan biotin dapat mengurangi kerontokan pada rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat.

2. Mengoleskan minyak esensial pada rambut

Dengan meneteskan minyak biji labu ke sampo yang Anda gunakan dapat meningkatkan ketebalan rambut sampai dengan 40%. Namun, Anda juga harus menghindari untuk meneteskan minyak esensial secara langsung ke kulit.

12 Essential Oil untuk Merawat Rambut & Kulit Kepala + Cara Menggunakannya  » Pengetahuan Umum Populer

3. Mengonsumsi Suplemen Keratin

Dengan mnegonsumsi suplemen sebanyak 500gr yang mengandung keratin dan mineral lainnya dapat meningkatkan kualitas rambut menjadi lebih sehat. Diantaranya seperti, membuat rambut menjadi lebih berkilau, meningkatkan kekuatan rambut hingga 5,9% dan mengurangi kerontokan sebesar 12,5%.

Ini Bahayanya Kebanyakan Mengonsumsi Suplemen

4. Mengonsumsi Protein

Rambut Anda dapat terlindungi dari kerusakan akibat populasi lingkungan dan produk kimia sehingga dapat tumbuh sehat dengan mengonsumsi protein. Anda dapat memperoleh kandungan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur dan yogurt.

Cum calculezi doza de insulina pentru proteine? - Diabet, Nutritie si Boli  Metabolice

5. Menggunakan Salep Topikal

Rambut Anda dapat terlindungi dari kerusakan akibat populasi lingkungan dan produk kimia sehingga dapat tumbuh sehat dengan mengonsumsi protein. Anda dapat memperoleh kandungan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur dan yogurt.

Baca Juga : 9 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Penutup

Nah, itu dia cara cepat dan aman untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan. Anda bisa mencoba cara di atas secara rutin agar memperoleh hasil yang lebih maksimal, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *