Menu Close

8 Ciri Kulit Kusam Pada Wanita yang Perlu Diketahui

Advertisements

8 Ciri Kulit Kusam Pada Wanita yang Perlu Diketahui

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita

Bagi para wanita ciri-ciri kulit kusam akan dengan mudah dikenali, juga merupakan sebuah masalah besar yang melanda kehidupan. Untuk yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri kulit kusam yang terjadi, simak artikel ini hingga selesai. 

1. Kulit kekurangan kelembapan

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Tribun Shoping

Kurangnya kelembapan pada kulit biasanya disebabkan oleh kulit yang dehidrasi atau bertambahnya usia seseorang. Seiring usia yang terus bertambah, fungsi kelenjar yang ada pada kulit terus menurun sehingga membuat kadar lipid menjadi lebih rendah. 

Usia yang terus bertambah juga menyebabkan tingkat ceramide, senyawa yang ada di lapisan paling luar kulit berkurang. Karena itu menyebabkan kelembapan yang ada pada kulit akan hilang lebih banyak dibandingkan kulit sehat. 

2. Kulit Terlihat Kering

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Halodoc

Ciri-ciri kulit kusam selanjutnya adalah kulit yang terlihat lebih kering dari biasanya. Kulit kering terjadi karena epidermis atau lapisan kulit paling luar kekurangan asupan kelembapan. 

Akibat dari kulit yang kering adalah kulit yang pecah-pecah, mengelupas, dan kulit yang tampak seolah bersisik. Dalam dunia kedokteran, fenomena kulit kering biasa disebut xerosis. 

3. Kulit Pucat

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: SehatQ

Kulit punya juga termasuk ke dalam ciri-ciri kulit kusam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hal-hal yang bukan penyakit, seperti terkena paparan suhu yang dingin, kekurangan paparan sinar matahari.

4. Warna Kulit Tidak Merata

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: C & F Store

Sebab dari warna kulit yang tidak merata paling umum adalah karena paparan sinar matahari secara langsung pada kulit. Ketika kulit terkena paparan langsung tanpa tabir surya maka akan membuat warna kulit tidak merata. 

5. Kulit Menjadi Gelap

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Bababeli

Faktor yang menyebabkan kulit berubah menjadi gelap adalah seringnya terkena polusi, karena lingkungan yang tercemar, karena gaya hidup tidak sehat. Bisa juga karena menggunakan pil KB, tapi yang paling sering terjadi adalah karena terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus. 

Selain melindungi kulit dengan tabir surya, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 dan vitamin E juga bisa membantu untuk mencerahkan kulit. Contohnya adalah sayuran hijau, jeruk, dan alpukat.

Advertisements

6. Elastisitas Menjadi Berkurang

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Gooddoctor

Berkurangnya elastisitas dari kulit disebut juga elastosis, inilah sebab yang membuat kulit menjadi berkerut, kasar, juga terlihat kendur. Biasanya kondisi ini akan terjadi ketika proses penuaan. 

Tapi selain karena proses penuaan, ada penyebab lain yang membuat elastisitas dari kulit berkurang. Misalnya karena polusi udara, kebiasaan merokok, nutrisi yang buruk, dan tentu saja paparan dari sinar matahari. 

7. Garis-garis Halus

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Grid id

Garis-garis yang menyerupai retakan pada kulit biasanya muncul di tempat-tempat paling rentan, misalnya sudut bibir atau sudut mata. Kemunculan garis ini bisa disebabkan oleh faktor luar juga gaya hidup yang kurang sehat. 

Penyebab dari garis halus lainnya adalah kekurangan cairan dalam tubuh, kondisi ini menyebabkan sel dehidrasi. Sel-sel pada kulit yang mengalami dehidrasi akan berpengaruh dengan kondisi kulit yang awalnya normal. 

8. Bintik-bintik Penuaan

Ciri Kulit Kusam Pada Wanita
Sumber: Mangjap

Bintik-bintik penuaan atau yang sering disebut lentigo merupakan are yang berubah gelap dengan ukuran kecil yang berada rata pada kulit. Lentigo ini biasanya muncul di area kulit yang terpapar oleh sinar matahari, seperti wajah dan tangan. 

Biasanya bintik-bintik penuaan ini akan dialami oleh orang dewasa yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Tapi orang-orang yang lebih muda juga bisa mengalami lentigo jika sering melakukan kegiatan di bawah terik sinar matahari di luar ruangan. 

Itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri kulit kusam pada wanita yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Setelah membaca artikel ini, diharapkan para pembaca bisa menjaga lebih baik kulitnya. 

Baca juga: 8 Deretan Produk Eksfoliasi Wajah Murah

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *