Advertisements

Kebotakan dapat disebabkan oleh masalah rambut yang terus rontok. Selain karena faktor keturunan, rambut rontok juga dapat dikarenakan mengeringkan rambut dan menggunakan bahan kimia untuk rambut yang terlalu sering.

Atasi Rambut Rontok dengan 7 Manfaat Minyak Zaitun

Salah satu bahan alami yang banyak memberikan manfaat untuk rambut dan mampu mengatasi kerusakan rambut rontok adalah minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang kaya akan kandungan omega 3, vitamin K, vitamin E dan asam lemak.

Mari simak 7 manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

1. Mencegah Kerusakan Rambut

Selain itu, minyak zaitu juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada rambut yang mampu melindungi rambut serta kulit kepada dari paparan radikal bebas. Rambut juga terhindar dari kepatahan karena kandungan omega-6 yang dimiliki oleh minyak zaitun.

2. Mencegah Rambur Rontok

Rambut yang mudah rontok dikarenakan hormon dihidrotestosteron atau DHT yang diproduksi oleh tubuh. Hormon ini daoat merusak folikel rambut sehingga rambut akan mudah rontok dan lemah. 

Minyak zaitun mengandung asam oleat yang dapat membantu menghambat produksi hormon DHT, sehingga mampu mencegah kerontokan pada rambut Anda.

3. Menghaluskan Rambut

Rambut yang bercabang dan memiliki tekstur yang kasar biasanya disebabkan karena rambut jarang dirawat. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai kondisioner dan membantu menghaluskan tekstur yang kasar, membuat rambut yang mudah diatur dan menghilangkan rambut yang bercabang.

4. Melembabkan Rambut Kering

Advertisements

Rambut patah disebabkan juga oleh rambut yang kering, akibat kekurang nutrisi dan terlalu sering terpapar oleh radikal bebas dan sinar matahari. Minyak zaitun memiliki sifat yang mampu melembapkan, membentuk pelindung dan menutup katikula pada rambut sehingga masalah rambut kering Anda dapat diatasi dengan minyak zaitun.

Dengan demikian, rambut yang dirawat dengan minyak zaitun akan terasa tetap lembao dan bercahaya dan pastinya ternutrisi.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain itu, minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghindari Anda dalam mengalami kebotakan.

6. Menghilangkan Ketombe

Ketombe dapat disebabkan kulit kepala yang dehidrasi, alergi yang menyerang kulit kepala dan kurang bersih saat membilas sampo. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang dimiliki oleh minyak zaitun, daoat mengurangi pengelupasan kulit, melembapkan kulit kepala dan mencegah alergi pada kulit kepala.

7. Menghilangkan Kutu

Kutu merupakan hama yang dapat menyerang kulit kepala dan bersarang di rambut anak-anak maupun dewasa. Minyak zaitun mampu menghilangkan kutu pada rambut, Anda cukup mencampurkan minyak zaitun dengan obat kutu.

BACA JUGA : Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Apabila Anda ingin merawat dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Gunakan 1/8 sampai ¼ cangkir untuk merawat seluruh kulit kepala dan rambut Anda menggunakan minyak zaitun
  • Gosok kepala dengan kedua telapak tangan untuk sedikit memanaskan
  • Pijat kulit kepala secara perlahan dan lembut, oleskan minyak hingga ke akar rambut.
  • Tambahkan juga sedikit minyak zaitun untuk membantu memperbaiku ujung rambut yang bercabang pada ujung rambut Anda.
  • Tutup rambut menggunakan shower cap
  • Biarkan minyak zaitun meresap ke kulit kepala
  • Cuci rambut menggunakan sampo dan air hangat
  • Kemudian bilas hingga bersih, hindari penggunaan air panas yang dapat merusak rambut.

Penutup 

Nah itu dia 7 manfaat untuk mengatasi masalah kerusakan rambut Anda terutama kerontokan, beserta cara menggunakan minyak zaitun. Anda bisa menggunakan minyak zaitun secara rutin untuk merawat kesehatan Anda, selamat mencoba ya!

Advertisements