Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Selain kulit, perempuan tentu juga memiliki mahkota, yakni rambut yang memerlukan perawatan yang tepat dan benar. Mungkin masih ada dari kita yang mengira bahwa untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, kita harus pergi untuk mendapatkan produk perawatan rambut yang mahal. Padahal, artikel seputar gaya hidup wanita menunjukkan bahwa yang paling penting untuk mendapatkan rambut yang sehat ialah kemauan kita untuk memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita lakukan.

Untuk merawat rambut agar menjadi sehat, kuat, dan bersinar, kita perlu menerapkan beberapa hal. Dan pastinya, harus ada komitmen yang kuat untuk melakukannya. Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja hal yang bisa kita lakukan agar rambut sehat dan bersinar.

1. Menggunakan shampoo yang cocok dengan rambut
Salah satu langkah sederhana yang bisa kita terapkan apabila ingin rambut menjadi sehat ialah dengan memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Seperti halnya kulit, rambut juga memiliki beragam jenis. Ada rambut yang berminyak, normal, maupun kering. Makanya, shampoo juga memiliki bermacam-macam variasi. Pastikan kita melihat jenis shampoo berdasarkan jenis rambut kita, bukan karena hal lainnya.


Selain itu, pastikan shampoo yang kita gunakan tidak mengandung zat yang membahayakan rambut kita, misalnya seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfate. Untuk memilih shampoo, kita bisa melakukan eksperimen dengan melihat seberapa sering cara keramas perlu kita lakukan. Soalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2. Menggunakan kondisioner
Penggunaan kondisioner juga menjadi salah satu cara yang penting untuk kita lakukan agar rambut kita menjadi lembut, bersinar, serta mudah diatur. Nah, untuk memilih kondisioner, kita juga bisa mencoba kondisioner yang mereknya sama dengan shampoo yang kita gunakan. Akan tetapi, kita juga bisa loh memilih jenis kondisioner yang mereknya beda, tergantung dari seberapa cocok conditioner tersebut dengan rambut kita.

Untuk menggunakan kondisioner, kita perlu terlebih dahulu keramas dengan menggunakan shampoo. Setelah itu, barulah kondisioner dapat digunakan pada ujung rambut, atau dari tengah ke bawah. Kondisioner tidak perlu diaplikasikan pada kulit kepala. Untuk meratakan kondisioner, kita dapat menggunakan sisir. Setelah kondisioner dioleskan, tunggulah selama 1-3 menit kemudian rambut kita bisa dibilas dan dikeringkan. Sama halnya seperti shampoo, kebutuhan kondisioner setiap orang juga berbeda-beda.

3.Tidak melakukan perawatan secara berlebihan
Ketika rambut kita sedang basah, maka rambut akan cenderung lebih rapuh. Maka dari itu, kita disarankan untuk mengeringkannya menggunakan handuk yang lembut. Cara ini adalah cara perawatan yang tepat. Pastikan juga untuk tidak menyisir rambut secara berlebihan serta menggunakan shampoo secukupnya. Gunakan prinsip less is more agar kita tetap bisa merasakan keefektifan sebuah produk perawatan rambut.

4. Membatasi penggunaan catokan dan pengering rambut
Hal lainnya yang juga perlu kita pahami ketika ingin mendapatkan rambut yang sehat ialah dengan membatasi penggunaan catokan serta alat pengering rambut. Mungkin, hal ini akan terasa sulit bagi kita yang biasa menggunakannya. Akan tetapi, alat-alat tersebut memang dapat melemahkan rambut, apalagi jika kita memiliki rambut yang kering, halus, serta rapuh.

Apabila kita menggunakan pengering rambut, maka kita disarankan untuk menggunakan alat tersebut dengan jarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut. Kemudian, gerakan pengering agar tidak berkonsentrasi pada satu titik saja. Selain pengering rambut, catokan juga perlu kita batasi penggunaannya, misalnya sebanyak 203 kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *