5 Cara Ampuh Melancarkan Haid

ayawanita.com- Haid merupakan siklus hormonal dalam tubuh wanita dan merupakan salah satu kondisi alami yang terjadi pada seorang wanita yang sehat. Kebanyakan wanita mengalami haid pertama kali saat usia 11-14 tahun, haid akan terus terjadi setiap bulannya hingga menopause atau sekitar usia 50 tahun. Siklus normal haid berlangsung Antara 21-35 hari dengan lama pendarahan 2-7 hari.

 

9 dari 10 wanita mengalami keram perut bagian bawah yang disebut dengan dismenore terjadi sebelum atau sewaktu menstruasi. Dismenore yang berlebihan dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Dismenore ini di sebabkan oleh keluarnya zat kimia prostaglandin yang dapat memicu kontraksi otot Rahim. Sebagian besar wanita dapat mengalami sindrom prehaid atau PMS terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum haid hal tersebut diakibatkan beberapa keluhan seperti sakit kepala, kelelahan, perut kembung menjadikan wanita mejadi lebih mudah emosi.

Bagaimana cara melancarkan haid dan mengurangi rasa sakit sebelum dan sewaktu haid? Berikut beberapa caramengatasinya, mari simak bersama:

Cara Melancarkan Haid

1. Istirahat yang cukup 

Fisik yang lelah membuat kondisi mental pun menurun dan mengakibatkan stress dapat mengacaukan siklus haid. Haid dapat datang lebih awal ataupun dua kali dalam satu bulan pada saat anda stress. Biasakan untuk tidur yang cukup sekitar 7-8 jam dalam semalam dan tidak dianjurkan banyak bergadang. 

2. Berlatih yoga 

Melakukan yoga sebelum dan sewaktu haid dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman dismenore. Latihan yoga secara rutin dapat melancarkan siklus haid, membantu merilekskan tubuh. Berlatih yoga tidak perlu datang ke kelas gym, di masa kini sudah tersedia aplikasi yoga yang dapat digunakan dimana saja.

Manfaat melakukan yoga:

  • Meredakan rasa nyeri seperti keram perut. 
  • Mengurangi pembengkakan dan pegal pada kaki.
  • Berkurangnya rasa nyeri dan pegal saat menstruasi.

3. Mengkonsumsi Vitamin D 

Vitamin D di percaya dapat membantu siklus mentruasi dan dapat mengatur masa ovulasi agar terjadi secara teratur. Vitamin D juga bisa di dapatkan dengan cara berjemur di pagi hari selama 15 antara jam 7 hingga 8 pagi setiap harinya. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti tuna, susu, salmon dan sereal.

Baca juga : Sering Minum Air Putih Hangat? Inilah Manfaat Minum Air Hangat

4. Mengkonsumsi obat-obatan herbal 

Jahe 

Jahe mengandung minyak atsri, vitamin A, B2, C, Karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor dan niasin yang bermanfaat untuk melancarkan haid serta mengatur siklus haid.

Cara mengolahnya cukup mudah dengan merebus jahe ke dalam panci yang sudah diberi air dengan perbandingan 1:3, anda dapat menambahkan gula sesuai dengan selera.

Kunyit 

Kunyit memliki sifat emmenegogue yang dapat menstimulasi aliran darah pada area pinggul dan Rahim. Mengatasi nyeri pada saat menstruasi kukurmin yang ada pada kunyit dapat menghambat hormone yang menyebabkan nyeri saat menstruasi.

5. Melakukan terapi hormone 

Terapi hormone ini dilakukan untuk mengatasi menstruasi akibat ketidak seimbangan hormone tubuh. Terapi dilakukan dengan pemberian obat yang mengandung hormone estrogen dan progesterone. Kegiatan Terapi tidak perlu dilakukan bila anda menjaga keseimbangan tubuh, tidak banyak wanita melakukan terapi ini dan hanya dilakukan untuk wanita dengan siklus haid yang tidak beraturan sampai membuat sulit hamil, contonya penderita PCOS.

Jika dalan 90 hari tak juga mengalami haid dan tidak hamil. Disarankan untuk konsultasi  dengan dokter. Dokter akan melakukan pengobatan yang akan membantu memperlancar haid yang tidak teratur. Anda perlu rutin melakukan pemeriksaan bila sekiranya rasa nyeri yang dirasakan sewaktu haid tidak saja berkurang.

Baca juga : 5 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *