Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat, Mudah Dilakukan Kok!

Lendir yang terdapat pada tenggorokan sering kali disebut sebagai dahak. Lendir pada hidung seringkali disebut ingus. Pada dasarnya dahak mau pun ingus merupakan dua hal yang berhubungan dikarenakan keduanya sama – sama disebabkan oleh infeksi yang menyerang pada pernapasan manusia. Beberapa penyebab batuk berdahak yang ditemui dikarenakan infeksi virus, infeksi bakteri, penyakit pada paru  – paru, gangguan pada lambung, dan juga kebiasaan merokok. Hal – hal ini dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak dan mengganggu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Migrain yang Ampuh dan Secara Cepat

Cara Mengeluarkan Dahak Alami dan Secara Cepat

Batuk berdahak yang terjadi dikarenakan adanya bakteri atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini memerlukan cara untuk menghilangkan bakteri untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak pada tenggorokan ini. Salah satu caranya dengan membuat larutan garam. Dengan melarutkan satu sendok teh garam dalam satu gelas air hangat atau air panas dan dilakukan pengadukan. Kemudian larutan garam ini digunakan sebagai obat kumur alami, ketika berkumur disarankan untuk mendongakkan kepala dan tidak menelan larutan garam tersebut.

Cara berkumur dilakukan pada pangkal tenggorokan kemudian larutan garam dikeluarkan kembali. Pada proses ini bakteri akan keluar bersamaan dengan dikeluarkannya kembali larutan garam. Selain itu dapat diikuti dengan meminum obat untuk menghentikan produksi atau pembuatan lendir atau dahak pada tenggorokan dengan obat yang bekerja untuk menghentikan perkembangan lendir sehingga lendir dapat dikeluarkan dan lendir yang tersisa tidak berproduksi lagi.

Selain itu menjaga pola hidup sehat akan membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh melemah dapat mudah terjangkit virus maupun bakteri. Rokok juga dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap sari atau nutrisi makanan sehingga menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan mudah terkena virus atau infeksi yang menyebabkan tenggorokan berlendir.

Cara lain adalah dengan banyak minum air putih. Untuk melancarkan metabolism dalam tubuh dibutuhkan cairan tubuh yang berupa air putih, dimana minum banyak air putih sangat penting agar tubuh tidak dehidrasi dan sistem imun akan lebih mudah melakukan tugasnya untuk melawan virus atau pun infeksi sehingga batuk berdahak atau pun penyakit lain akibat virus dapat cepat sembuh. Dokter menyarankan untuk hidup sehat minimal delapan gelas per hari.  Dengan banyak minum air putih dapat melancarkan sirkulasi energy, darah, dan juga nutrisi.

Akhir Kata

Jika cara  – cara mengeluarkan dahak tersebut telah dilakukan dan batuk berdahak masih mengganggu maka diperlukan terapi uap.  Terapi uap ini dilakukan dengan cara sederhana dan dapat dilakukan di rumah tanpa harus ke rumah sakt. Kinerja dari terapi uap ini dilakukan dengan memasukkan uap hangat lewat hidung dan tenggorokan, hal ini dilakukan guna membantuk melunturkan lendir sehingga mudah dikeluarkan dari tenggorokan dimana hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan air panas yang baru saja mendidih dalam wadah besar, kemudian dimasukkan the kamomil dan ramuan tersebut ditambahkan jahe, kencur, kunyit, dan cengkeh. Perpaduan ini dicampurkan dan uap yang ada dihirup sehingga dapat melegakkan tenggorokan dari lendir. Proses – proses diatas harus juga diikuti dengan mengonsumsi makanan – makanan yang bergizi agar tubuh memiliki nutrisi yang cukup.

One thought on “Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat, Mudah Dilakukan Kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *