Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh, Mau Tahu?

Tenggorokan sering kali terasa tidak nyaman dikarenakan adanya lendir atau dahak pada bagian tenggorokan. Selain beberapa cara alami terdapat pula bahan – bahan alami yang dapat digunakan sebagai pelega tenggorokan. Bahan – bahan alami ini mudah ditemukan dan digunakan sehingga dapat secara mudah melegakkan tenggorongan dan terkategori murah. Beberapa bahan tersebut dapat ditemukan di pasar tradisional maupun modern.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh

Pertama adalah jahe. Jahe yang merupakan rempah – rempah yang cukup dikenal. Jahe yang merupakan salah satu jenis akar rimpang di daerah Asia Tenggara yang sering sekali digunakan sebagai bahan pengobatan alami berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan. Jahe ini selain digunakan untuk obat alami sering kali digunakan untuk memasak masakan tradisional yang memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Jahe ini juga dapat menghangatkan badan dan juga dapat menjadi obat alami pula untuk obat anti radang, obat masuk angin, dan juga obat menghilangankan dahak.

Maka dari itu pengonsumsian jahe ini dapat melegakkan tenggorokan dan menghilangkan dahak dimana dapat dilakukan dengan menggunakan jahe dua ruas dan dibersihkan serta dihaluskan secara sederhana lalu direndam dalam air panas dan diaduk. Diamkan hingga dingin atau cukup hangat dan diminum hingga habis, kemudian dilakukan rutin sebanyak dua kali sekali agar dahak hilang.

Kedua selain jahe adalah minyak eukaliptus dimana minyak eukaliptus ini merupakan bahan obat alami atau herbal yang sering digunakan sebagai minyak perawatan dimana minyak ini dapat digunakan dengan mengoleskan beberapa tetes minyak eukaliptus pada bagian dada atas dan juga leher. Minyak ini akan memacu penderita untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Minyak eukaliptus ini berbeda dengan jahe dimana minyak eukaliptus ini hanya untuk penggunaan luar saja.

Selanjutnya adalah jeruk nipis, yang sudah sangat dikenal akan manfaat penyembuhan oleh jeruk nipis ini. Jeruk nipis ini dapat membantu meringankan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Jeruk nipis ini memiliki kemampuan yakni membersihkan kuman dan bakteri dimana jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh dan mencegah batuk serta flu. Secara umum sering dilakukan dengan sebuah jeruk nipis yang dibagi dua dan diperas air nya . air perasan jeruk nipis ini dicampurkan dalam air hangat dan diminum dengan segera.

Cara lainnya adalah mencampur kecap dengan air perasan jeruk nipis sebagai obat batuk alami dan tepat untuk penderita batuk kering yang tidak berdahak, disisi ini kecap yang merupakan bahan olahan kacang kedelai ini dapat memacu produksi lendir sehingga tidak cocok untuk penderita batuk berdahak. Bawang putih juga merupakan salah satu obat alami dimana bawang putih ini sangat mudah ditemukan di dapur.

Akhir Kata

Bawang putih seringkali dijadikan bumbu dapur dan memberikan rasa nikmat dan enak dimana selain bermanfaat untuk memasak , bawang putih memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan dahak pada tenggorokan dikarenakan bawang putih memiliki kandungan zat antibiotic yang dapat mengusir bakteri penyebab meningkatkan produksi lendir atau dahak pada tenggorokkan. Bawang putih akan bekerja optimal dengan mengonsumsinya secara langsung setelah dibersihkan.

One thought on “Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh, Mau Tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *