Cara Perawatan Kesehatan Mata yang Mudah Buat Kamu Lakukan!

Mata merupakan salah satu organ panca indera yang sangat penting dan berperan utama dalam kehidupan manusia. Secara agamis manusia dapat belajar dengan melihat dan menirukan, itu lah peran penting mata yakni untuk melihat dan mempelajari segala sesuatunya.

Pandangan atau sakit pada mata akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari sehingga bagian kecil ini sering kali terabaikan dan tidak dijaga kesehatannya. Menurut para ahli kesehatan mata harus dijaga agar tidak mengganggu aktivitas sehari – hari yang dilakukan seperti misalnya bekerja, belajar, bermain, dan aktivitas lain – lainnya.

Cara Perawatan Kesehatan Mata yang Mudah Buat Kamu Terapkan

Memeriksa mata setiap dua belas bulan sekali dapat membantu menjaga kesehatan mata. Masalah pada mata yang dibiarkan dan tidak dipedulikan akan membuat mata semakin sakit atau pun semakin parah sehingga pemakaian lensa kontak atau pun kaca mata harus disesuaikan pengukurannya sehingga tidak menyebabkan masalah berlanjut dan sakit kepala. Kedua yang paling utama adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tepat untuk mata. Nutrisi asupan ini sangat berperan penting sehingga diperlukan makan makanan yang bergizi, sebagian besar vitamin serta komponen – komponen antioksidan dapat mencegah degenerasi macular yang dapat mencegah atau pun menghambat pertumbuhan katarak.

Selanjutnya mata yang memiliki aktivitas terus menerus tetap memerlukan istirahat. Mata akan terasa lebih cepat lelah ketika bekerja di depan layar komputer atau pun laptop dan gadget sehingga mata juga perlu diistirahatkan dimana ketika di depan layar maka mata akan berkedip 25 % lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kedipan secara umum pada kegiatan sehari – hari hal ini menjadikan mata kering. Pengistirahatan mata dapat dilakukan dengan menutup mata sekitar 5 detik dan dapat membukanya kembali untuk beraktivitas. Penggunaan intensitas cahaya yang cukup untuk mata juga akan membantu mata berakomodasi dengan benar.

Kekurangan cahaya dan juga kelebihan cahaya akan membuat mata lebih cepat lelah. Cahaya terbaik ketika menggunakan atau bekerja di depan layar komputer adalah cahaya dari samping dengan lampu meja yang memiliki penerangan samping cukup serta tingkat cahaya pada laptop perlu diturunkan intensitasnya sehingga tidak terlalu membuat mata lelah karena keterangan pada layar laptop yang membuat kurang nyaman. Penggunaan filter monitor juga disarankan untuk menjaga kesehatan mata dikarenakan filter monitor dapat mengurangi sinar yang menyilaukan mata serta radiasi yang berasal dari pancaran sinar layar monitor komputer atau pun laptop.

Selain itu, pelatihan mata dengan pemaksaan untuk melihat jarak jauh yang tidak terbaca akan menjadikan mata memiliki daya akomodasi yang semakin berkurang dimana daya akomodasi mata yang telah terganggu akan menjadi tegang dan lelah sehingga kemampuan mata dalam melihat juga akan ikut turut menurun jika sering dipaksakan untuk membaca atau memaksakan untuk melihat kejauhan yang tidak terbaca atau tidak terlihat.

Hal ini dapat meningkatkan besar nilai minus atau pun silinder dan plus pada mata kita sehingga kaca mata akan semakin tebal. Sebisa mungkin tidak sering membuka kaca mata dan memaksakan mata lebih baik menggunakannya, penggunaan rutin dikatakan dapat menurunkan besar minus pada mata namun kembali lagi bergantung pada asupan nutrisi kita dan aktivitas kita.

One thought on “Cara Perawatan Kesehatan Mata yang Mudah Buat Kamu Lakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *