Jam Alarm Biologis Tubuh yang Harus Kamu Tahu, Kapan Ajah Ya?

Setiap organ tubuh  memiliki kapasitas dan waktu kerja masing – masing. Waktu kerja tersebut sering kali disebut sebagai jam biologis tubuh. Dengan adanya waktu biologis ini bukan diartikan organ akan berhenti bekerja pada diluar waktu biologis tersebut namun seperti alarm, pada jam biologis organ tersebut tepat di jam tersebut maka aktivitas atau kinerja dari organ tersebut akan maksimal. Waktu saat organ tubuh bekerja maksimal seringkali disebut jam biologis.

Baca Juga: Pengertian Penyakit Fistula Gusi yang Harus Kamu Tahu

Tiap individu atau personal akan memiliki jam biologis yang berbeda – beda bergantung pada pekerjaan dan aktivitasnya. Jam biologis tiap orang akan berbeda – beda dimana sesuai dengan cara adaptasi dari masing  – masing individu. Dari adaptasi ini menyebabkan dapat terjadinya pergantian atau pergeseran jam biologis pada tubuh didasari dari pola pikir, pola hidup, hingga aktivitas yang mempengaruhi jam biologis.

Kapan Jam Alarm Biologis Tubuh yang Baik?

Tiap manusia terdari dari susunan organ fisikal manusia. Tubuh manusia sendiri terdiri dari bagian kepala, leher, tubuh, 2 lengan, dan juga 2 kaki. Tinggi tubuh manusia rata – rata di Indonesia adalah 160 cm atau 1,60 meter. Tinggi dan ukuran badan disesuaikan dengan gen dan keturunan serta aktivitas atau kebiasaan yang sering dilakukan. Sistem organ tubuh juga terbagi menjadi sistem kardiovaskuler, sistem imunitas tubuh, sistem pencernaan, sistem penapasan, sistem ekskresi, sistem saraf, endokrin, sistem reproduksi, dan sistem kinerja organ lainnya. Jam biologis terbagi menjadi beberapa bagian.

Jam 7 hingga jam 9 merupakan alarm untuk lambung, pada jam ini kinerja lambung akan maksimal sehingga sarapan disarankan dilakukan agar pengubahan menjadi energy dapat maksimal. Pada jam ini pula mengonsumsi buah – buahan akan disarankan dan berlainan walau lambung bekerja optimal karbohidrat yang berat tidak disarankan dan juga produk lemak berlebih. Buah – buahan dan jus buah akan lebih diutamakan. Jam 9 hingga jam 11 merupakan alarm biologis untuk organ limpa.

Organ limpa ini pada jam biologisnya akan mengirim cairan nutrisi untuk perkembangan, sehingga sering kali pada jam tersebut dirasakan tubuh mengantuk dan mungkin saja dikarenakan kinerja limpa melemah akibat terlalu banyaknya konsumsi gula, lemak, minyak ,dan juga protein. Pada jam – jam alarm limpa ini tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berat karena akan mengakibatkan kantuk

Jam 11 hingga jam 1 siang merupakan alarm organ jantung. Organ jantung selalu terus berdetak, namun pada jam ini jantung akan bekerja optimal dimana pada jam – jam ini disarankan untuk menjauhi aktivitas yang berat dan jantung akan terjaga kesehatannya. Maka dari itu istirahat siang seperti tidur siang selama 15 hingga 20 menit disarankan. Jam 1 siang hingga jam 3 sore merupakan alarm biologis usus kecil dimana usus kecil dapat melakukan kinerjanya yakni menyerap nutrisi secara optimal. Jika kinerja dari usus kecil ini ada yang mengganggu maka pada jam – jam ini akan terasa nyeri pada bagian perut.

Akhir Kata

Jam 3 sore hingga 5 sore merupakan jam biologis kandung kemih, jam 5 sore hingga 7 malam merupakan alarm biologis untuk organ ginjal, jam  7 malam hingga jam 9 malam kembali alarm biologis untuk lambung, jam 9 malam hingga 11 malam merupakan alarm biologi kelenjar getah bening, jam 11 malam hingga 1 pagi alarm empedu, jam 1 pagi hingga 3 pagi alarm biologis hati, jam 3 pagi hingga 5 pagi alarm biologis paru – paru, dan jam 5 pagi hingga 7 pagi merupakan alarm biologis usus besar.

One thought on “Jam Alarm Biologis Tubuh yang Harus Kamu Tahu, Kapan Ajah Ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *