5 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita yang Harus Kamu Ketahui

Ayawanita.com – Sirih merupakan salah tanaman herbal yang berkhasiat dan populer di masyarakat. Karena tanaman yang tumbuh menyulur serta memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Dengan berbagai kandungan tersebut membuat manfaat daun sirih bagi kesehatan sangat kaya.

Selain itu, daun sirih juga dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Selain bermanfaat di permukaan tubuh, jika dimakan atau diminum air rebusannya, maka manfaat daun sirih ini juga akan terasa untuk organ-organ tubuh. Lalu apa saja manfaat daun sirih ini?

Nah, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa manfaat daun sirih bagi wanita sebagai berikut ini:

1. Mengatasi Keputihan

Manfaat daun sirih bagi wanita yang pertama adalah untuk mengatasi keputihan. Daun sirih sangat dikenal bisa mengatasi keputihan bagi kaum hawa.

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi beberapa masalah keputihan.

Adapun caranya adalah sebagai berikut: Rebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air dengan api kecil hinga mendidih dan airnya tersisa satu gelas. Minum air rebusan daun sirih ini dua hari sekali atau tiga hari sekali

2. Membersihkan Organ Kewanitaan

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memebersihkan organ kewanitaan. Cukup rebus daun sirih dan diamkan hingga dingin lalu gunakan air rebusan itu untuk membersihkan organ intim. Namun, cara ini hanya boleh kamu lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

3. Memutihkan Gigi

Manfaat daun sirih berikutnya adalah untuk memutihkan gigi. Memang daun sirih ini merupakan resep tradisional sejak jaman dulu yang sangat terbukti manjur sebagai cara untuk memutihkan gigi secara alami.

Mungkin saat anda masih kecil pernah melihat kakek atau nenek anda yang sedang mengunyah sesuatu sampai-sampai mulutnya berwarna merah.

Padahal mereka ini sedang mengunyah daun sirih. Karena daun sirih ini bermanfaat sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai cara alami untuk memutihkan gigi.

Adapun caranya sebagai berikut: Dalam hal ini anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau direbus kemudian digunakan untuk berkumur.

Atau bisa juga dengan cara ditumbuk kemudian oleskan pada gigi secara merata. Dengan memiliki gigi yang lebih putih, tentunya penampilan anda akan semakin cantik menawan.

Baca juga: Begini Cara Memuaskan Suami di Atas Ranjang

4. Mengatasi Bau Mulut

Memiliki bau mulut tentunya sangat tidak nyaman, dan bisa mengurangi kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan daun sirih.

Caranya juga sangat mudah. Pertama-tama siapkan daun sirih sebanyak 5 lembar,kemudian siapkan juga air sebanyak 2 gelas.Lalu rebus daun sirih di dalam air hingga sisa airnya itu menjadi 1 gelas saja.

Kemudian diamkan terlebih dahulu hingga air rebusannya itu dinginatau hangat yaitu sekitar 30menit. Lalu setelah itu gunakan air rebusan tersebutsebagai obat kumur,untukmendapatkan hasil yang lebih maksimalmakagunakan larutan ini sebanyak 2 kali didalamsehari.

5. Pengobatan Payudara Bengkak

Manfaat daun sirih bagi wanita berikutnya adalah sebagai pengobatan payudara bengkak. Daun sirih ini bisa mengobati payudara yang bengkak setelah menyusui.

Karena kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol dalam daun sirih ini akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang.

Caranya juga sanga mudah. Anda hanya cukup bakar daun sirih merah sampai layu, lalu tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Itulah beberapa manfaat daun sirih bagi wanita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu ya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Produk Sabun Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *