Penyebab, Faktor Risiko, dan Tanda-Tanda Kanker Serviks

Seperti yang diketahui bahwa kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menakutkan khususnya bagi kaum hawa. Dimana, kanker rahim / kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker yang satu ini timbul saat ada sel-sel di leher rahim atau serviks yang tidak wajar, serta berkembang terus dengan tidak terkendali. Sehingga sel-sel tersebut bisa berkembang dengan cepat yang akhirnya bisa mengakibatkan tumor pada serviks. Kemudian tumor yang sangat ganas ini nantinya berkembang menjadi penyebab kanker serviks. Simak tanda tanda kanker Serviks dibawah ini. 

tanda tanda kanker serviks

Nah, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan informasi penyakit kanker serviks terkait penyebab, faktor risiko dan tanda-tanda kanker serviks. 

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker rahim disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPH). Dan infeksi virus ini akan lebih meningkat pada orang yang melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan. Selain itu, kanker ini bisa disebabkan dengan perilaku seksual beresiko, seperti melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kondom, atau menggunakan mainan seks (sek toys). Bukan hanya itu, wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin (imunisasi) HPV pastinya akan lebih rentan terkena infeksi HPV yang bisa menimbulkan kanker serviks.

Faktor Risiko 

Walapun penyebab kanker rahim/serviks ini belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko wanita terkena penyakit ini, yakni :

  • Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi
  • Memiliki berat badan yang berlebih/kegemukan
  • Berusia 60 tahun ke atas
  • Mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
  • Pernah menjalani terapi radiasi pada panggul 
  • Memiliki keluarga yang menderita kanker rahim
  • Menderita tumor ovarium atau sindrom ovarium polikistik
  • Mengonsumsi obat hormon estrogen tanpa progesteron, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti tamoxifen untuk mengobati kanker payudara

Tanda – Tanda Kanker Rahim

Ada beberapa tanda kanker rahim yang haarus anda ketahui, di antaranya adalah:

1. Kelelahan Parah

Kelelahan yang parah ini bisa menjadi salah satu gejala atau tanda-tanda kanker rahim yang harus diwaspadai. Sebenarnya, satu dari beberapa tanda-tanda kanker serviks ini cukup umum yang juga bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit lainnya. Karena secara khusus, kelelahan parah yang merupakan gejala dari adanya kanker rahim ini biasanya disebabkan akibat dari perdarahan vagina yang tidak normal. 

Lalu kondisi yang merupakan tanda-tanda dari kanker rahim ini akan membuat jumlah sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh menurun. Akibatnya anda akan merasa sangat lelah sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas. Artinya anda bisa merasakan kelelahan yang luar biasa walaupun sedang tidak melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu, apabila anda selalu merasakan tubuh sangat lelah sekali padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Kaki Bengkak Atau Sakit

Kaki bengkak dan sakit menjadi salah satu tanda atau ciri-ciri kanker serviks yang tidak banyak diketahui orang. Gejala ini biasanya muncul saat kanker rahim sudah masuk tahap yang lebih serius. Selain itu, pengaruh dari nyeri pada punggung dan panggul ini bisa menjalar hingga kaki. 

Gejala ini juga bisa muncul saat kanker rahim menyebar ke kelenjar getah bening yang berada di daerah antara tulang pinggul. Bukan hanya itu, kaki yang mengalami pembengkakan juga disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh telah menghambat cairan getah bening yang semestinya dibuang oleh tubuh. Akibatnya, cairan akan menumpuk di kaki dan mengakibatkan pembengkakan yang disebut dengan lmphedema. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *