Menu Close

Tanda Jerawat di Telinga

Advertisements

Tanda Apa Jika Muncul Jerawat Di Telinga? Ini Penjelasannya 

Sumber: SuaraPekanBaru

Kasus munculnya jerawat di telinga jarang kita dengar. Tetapi berbeda dengan jerawat yang muncul di wajah atau punggung yang sering diketahui.

Tak jarang juga beberapa orang mengalami jerawat di telinga ini. Sebenarnya tanda apa jika muncul jerawat di telinga? Apakah berbahaya bagi kesehatan? Berikut penjelasannya di bawah ini. 

1. Penyebab Jerawat Di Telinga

Sumber: Berkeluarga.id

Jerawat di telinga bisa muncul di telinga luar (auricle) dan liang telinga luar. Kulit telinga luar berfungsi untuk menutupi tulang rawan dan sedikit lemak. 

Kulit liang telinga memiliki sel-sel rambut serta kelenjar yang bisa menghasilkan minyak dan kotoran telinga. Inilah yang menjadi sebab yang bisa karena beberapa faktor:

  • Produksi Sebum Berlebih

Sebum berasal dari minyak alami yang di produksi oleh kelenjar sebaceous di kulit. Jadi jika kelenjar tersebut menghasilkan sebum berlebih, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Bakteri

Keberadaan bakteri bisa memperburuk keadaan jerawat dan bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jerawat yang muncul di telinga bisa terjadi karena bakteri yang terperangkap terutama di pori-pori kulit.

  • Kondisi Kulit Yang Sensitif

Memiliki kondisi kulit yang sensitif dan lebih terkena mudah terkena jerawat, akan rentan terjadi jerawat di telinga pada orang ini.

  • Skincare Yang Tidak Cocok

Ternyata skincare yang kamu pakai juga bisa membuat jerawat di telinga loh. Berarti tandanya kamu tidak cocok akan dengan skincare yang kamu gunakan. Mungkin kandungan skincare terlalu berat atau mengandung bahan yang menyumbat pori-pori.

  • Faktor Hormonal

Manusia selalu mengalami perubahan karena adanya faktor hormonal. Perubahan hormonal dalam tubuh ini seperti masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan dapat memicu produksi sebum berlebihan dan dapat menyebabkan jerawat di telinga. 

Advertisements
  • Stress

Mengalami stress atau kecemasan juga dapat memicu produksi hormon tertentu yang dapat menyebabkan jerawat. Dengan berbagai kondisi kulit yang berbeda, menjadi hal yang bisa memicu terjadinya jerawat dan gejala yang dialami setiap orang pun berbeda-beda. 

Tetapi tenang saja kasus jerawat pada telinga tidak memerlukan perawatan medis yang khusus. 

2. Kemungkinan Arti Dari Jerawat Di Telinga

Sumber: Faktual Indonesia
  • Jerawat Ringan

Jerawat yang timbul di telinga merupakan jerawat biasa yang sering dialami oleh sebagian orang. Biasanya tidak memerlukan masalah yang serius dan jerawat bisa hilang dengan sendirinya. 

  • Kondisi Kulit Yang Sensitif 

Untuk menjadi perhatian bagi kamu yang sudah tahu jenis kulit sensitif agar menjaga dari kemungkinan timbulnya jerawat di telinga. Jika kamu memiliki jerawat yang sering muncul secara berkala, kamu bisa segera mempertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang lembut dan cocok untuk jenis kulitmu.

  • Infeksi Bakteri

Jerawat di telinga bisa juga disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori telinga. Infeksi oleh bakteri bisa ditandai dengan munculnya rasa sakit pada jerawat, berisi nanah, dan tidak sembuh-sembuh. 

Jika infeksi yang kamu rasakan semakin sakit dan membuat tidak nyaman. Tidak ada salahnya untuk berobat ke dokter terdekat supaya sakit yang kamu rasakan cepat reda. 

  • Kondisi Medis Yang Mendasar

Sebenarnya hal ini jarang terjadi, dalam beberapa kasus, munculnya jerawat pada telinga disebabkan karena menjadi tanda kondisi medis yang mendasar seperti peradangan folikel rambut atau dermatitis seboroik. 

Bila memang jerawat yang kamu rasa semakin parah dan membuat tidak nyaman, bisa langsung konsultasi dengan dokter untuk bisa ditentukan apakah ada kondisi medis yang mendasar dan memerlukan perawatan lebih lanjut lagi. Bisa juga dengan langsung mendatangi dokter kulit terdekat. 

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *