4 Makanan Khas Surabaya Ini Bercita Rasa Unik Dan Enak

ayawanita.com – Surabaya punya pesona tersendiri, tidak hanya menjadi pusat bisnis dan wisata saja, namun juga menjadi surga bagi pecinta kuliner di Indonesia. Surabaya menawarkan wisata kuliner yang tidak kalah dengan wisata kuliner yang ada di Bandung atau Yogyakarta. 

Ada banyak sekali makanan khas Surabaya yang enak yang wajib dicicipi. Kuliner khas Surabaya ini punya cita rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner di kota lainnya. Ketika berkunjung ke Surabaya, kamu jangan lupa cicipi makanan lokalnya. Dijamin kamu akan ketagihan dan ingin terus menerus mencobanya. 

Berikut dibawah ini 4 makanan khas Surabaya bercita rasa unik dan enak yang harus dicoba :

Bebek Mercon Khas Surabaya

Kuliner bebek mercon khas Surabaya ini wajib dicoba oleh pecinta makanan pedas. Daging bebek yang digoreng atau dibakar, kemudian dilumuri dengan bumbu yang sangat pedas. Dinamai bebek mercon, karena rasa kuliner ini sangat meledak ledak seperti mercon. Satu porsi bebek mercon disajikan bersama nasi hangat, lalapan, tahu goreng, dan juga sambal bumbunya. Meski rasanya pedas, namun sangat menggoda selera makan. Dijamin membuat ketagihan dan ingin nambah terus nasinya. 

Belut Spesial Surabaya 

Belut merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Mengandung vitamin B, vitamin A, protein, fosfor, dan zat besi yang sangat tinggi. Kuliner khas Surabaya ini biasanya diolah dengan cara digoreng, lalu dicampur sambal yang enak. Jika ingin coba cicipi makanan belut spesial Surabaya ini, kamu tinggal datang ke Jalan Banyu Urip 139 Surabaya. 

Disana, kamu akan menemukan banyak warung makan yang menjajakan olahan belut goreng yang sangat enak ini. Rasa sambalnya sangat khas dan semakin enak disantap bersama nasi hangat. Apalagi harganya sangat terjangkau.

Baca Juga: Resep Asinan: Makanan Khas Bogor yang Nikmat dan Segar

Soto Lamongan Cak Har

Setiap daerah di Indonesia punya makanan khas berupa soto. Begitu juga Surabaya yang punya soto Lamongan sebagai makanan khasnya. Ada banyak sekali soto Lamongan di Surabaya, bahkan kamu juga bisa menemukannya di kota lain. Namun mencicipi soto Lamongan di Surabaya dengan di kota lain akan berbeda.

Bumbu yang digunakannya terasa lebih gurih dan juga enak. Ciri khas kuliner ini adalah menggunakan bumbu kuning yang dicampur koya. Kuahnya juga agak kental. Untuk satu porsinya berisi nasi, koya, suwiran ayam, tomat, dan juga koya. 

Salah satu warung makan soto yang populer di Surabaya adalah Soto Lamongan Cah Har yang berada di jalan Ir Soekarno Surabaya. Rasa soto di warung ini sangat enak dan gurih. Supaya lebih nikmat, kamu bisa tambahkan lauk lain seperti jeroan, daging ayam, bakso, atau brutu ayam. 

Bubur Madura Pasar Atom Surabaya

Nama kuliner ini memang bubur Madura, namun kamu bisa menemukannya di Surabaya. Kamu bisa cicipi hidangan penutup mulut ini di Jalan Bunguran Nomor 45 Bongkaran, Pabean, Cantian, Surabaya. Harga satu porsinya sangat murah sekitar Rp. 10 ribuan. 

Dalam satu porsi berisi ketan putih, ketan hitam, mutiara, klantik, dan juga biji salak. Lalu disiram santan dan gula merah. Rasanya sangat enak, perpaduan rasa manis dan gurih. Apalagi harganya sangat murah namun isiannya banyak. Kuliner khas ini harus kamu coba saat sedang mencari camilan tradisional yang enak. 

Dari keempat makanan khas Surabaya yang bercita rasa unik dan enak diatas, ada yang pernah kamu cicipi? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *