10 Rekomendasi Merk Kaldu Untuk MPASI

10 Rekomendasi Merk Kaldu Untuk MPASI

MPASI atau Makanan Pendamping ASI adalah salah satu tahapan penting untuk mendukung tumbuh kembang anak dari usia 6 bulan. MPASI juga pengenalan makanan-makanan bergizi untuk pertumbuhannya, oleh karena itu MPASI harus memperhatikan komposisinya. Namun, anak balita sudah mulai mengenal cita rasa yang membuat bunda harus menyesuaikan selera mereka. Salah satu caranya dengan menambahkan kaldu bubuk sebagai bumbu tambahan dalam MPASI. Selain praktis, kaldu bubuk harus aman tanpa mengandung MSG. Berikut ini 10 rekomendasi kaldu MPASI yang aman dikonsumsi balita.

 1. Koala Kaldu Mpasi 

Kaldu ini dikhususkan untuk MPASI anak mulai dari usia 6 bulan. Sesuai dengan namanya, Koala Kaldu MPASI bebas dari gluten, dan tanpa mengandung garam dan gula serta MSG. Produk ini juga aman digunakan karena bebas dari bahan pengawet dengan mengandung bahan alami. Tersedia 4 varian yaitu sapi, ayam, salmon, dan tuna.

 2. Pusat Organik Kaldu

Jika anda lebih menyukai bahan organik, coba kaldu Pusat Organik Kaldu ini. Produk kaldu organik satu ini juga aman untuk MPASI anak. Kaldu ini tanpa pewarna sintetis, serta non-MSG dengan bahan alami seperti: Gula, Garam, Protein sayuran, Bawang putih, Pati, dan Merica. Memiliki 3 varian rasa yaitu ayam, sapi, dan jamur.

 3. Amay Kaldu Organik

Produk organik lainya dari merek Amay Kaldu Organik ini merupakan produk Grionic Food yang berbahan alami tanpa gula garam. Tersedia dengan lima jenis varian yaitu ayam, sapi, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kakap.

 4. Kaldu Mama Kamu

Produk kaldu ini telah lolos uji lab Biochem Technology dan aman dari pengawet kimia lainnya. Terdapat tiga varian jenis yaitu kaldu ayam kampung, kaldu sapi lokal, dan kaldu jamur tiram. Kaldu ini juga aman dikonsumsi anak-anak , ibu hamil, ibu menyusui sampai manula meskipun terdapat kandungan gula dan garam.

 5. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami

Merk Lemonilo ini juga aman dikonsumsi untuk MPASI anak karena non-MSG. Mengandung bahan-bahan alami seperti Gula, Garam, Ekstrak sapi, jamur, atau ayam, Bawang, Merica, Tepung maizena, dan Kunyit. Tersedia tiga varian rasa: jamur, ayam, dan sapi.

 6. Alsultan Kaldu 

Kaldu ini cocok untuk MPASI usia 9 bulan. Mengandung bahan-bahan seperti bawang bombay, bawang putih, garam, lada, dan lemak ayam. Kaldu ini juga non-MSG, rendah garam, dan tanpa pengawet buatan. Tersedia dengan dua varian rasa yaitu sapi dan ayam.

 7. Totole Kaldu Jamur

Kaldu ini aman dikonsumsi anak mulai dari usia 9 bulan karena non-MSG. Kandungannya terdapat garam, protein kedelai, dan jamur kering. Akan tetapi apabila anak memiliki alergi susu kedelai tidak disarankan menggunakan ini. 

8. Alania Kaldu Bubuk

Kaldu ini mengutamakan bahan-bahan alami yang berkualitas. Terdiri dari rempah alami yang baik untuk MPASI. Produk ini juga aman dikonsumsi untuk anda yang sedang berdiet. Produk ini memiliki berbagai varian rasa seperti ayam kampung, sapi, ayam, hingga vegetarian.

BACA JUGA : CARI RESEP MAKAN MALAM

 9. Enatura Kaldu Alami

Tanpa MSG, kaldu ini memiliki bahan alami yang cocok untuk MPASI. Mengandung bahan-bahan alami seperti daging ayam, sapi, atau jamur, tepung tapioka, gula, garam, kedelai, beras, dan merica. Tersedia tiga varian rasa: ayam, jamur, dan sapi.

  10. Pawon Ibun Kaldu MPASI Homemade

Produk Homemade ini dikhususkan untuk MPASI. Mengandung bahan alami tanpa MSG dan gula garam. Tersedia beberapa varian rasa Ayam Kampung, Sapi, Jamur, Salmon, dan Tempe.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.