Makanan untuk Pelancar Pencernaan yang Bisa Kamu Coba, Enak Loh!

Pencernaan sering kali terganggu dan sering kali disebut dengan istilah sembelit. Sembelit ini merupakan masalah yang sering kali disepelekan namun dapat mengganggu aktivitas sehari – hari. Masalah sulit buang air besar ini dapat terjadi karena pencernaan tidak lancar dan perut terasa begah serta penuh. Sering kali orang – orang sering kali meminum obat pencahar namun tidak disadari ada beberapa komponen alami yang dapat melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Makanan Anti Kanker yang Wajib Kamu Coba

Makanan Pelancar Pencernaan yang Sehat dan Enak

Makanan  – makanan tersebut mengandung komponen – komponen yang dapat melancarkan buang air besar seperti kandungan – kandungan yang terdapat pada pepaya. Pepaya ini merupakan buah yang mengandung banyak komponen flavonoid, betakaroten, dan juga sejumlah vitamin yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Salah satu komponen dari pepaya yang dapat melancarkan pencernaan adalah papain. Enzim papain ini dapat bekerja dengan mencegah akumulasi protein yang dicerna dalam usus besar. Selain enzim ini maka kandungan serat pada pepaya ini juga dapat mendukung melancarkan pencernaan.

Selain itu terdapat bayam. Jenis sayur bayam ini dapat mencegah sembelit atau sulit buang air besar. Pengonsumsian bayam setiap hari dapat mempermudah dalam membuang air besar. Semangkuk sup bayam dapat mengandung 4 gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dimana bayam juga mengandung magnesium yang dapat membantu kinerja kontraksi usus dan membantu penyerapan air serta melelmbabkan saluran penccernaan dimana bayam ini selain bagus untuk pencernaan dikenal juga kaya akan nutrisi dan zat gizi seperti zat besi.

Kemudian lidah buaya, komponen lidah buaya ini dapat dijadikan campuran ke dalam minuman maupun di konsumsi secara langsung. Gel lidah buaya ini dapat membantu untuk melancaran pencernaan seperti mempermudah untuk membuang air besar. Lidah buaya juga dikenal sebagai salah satu komponen obat pencahar alami.

Salah satu komponen pada lidah buaya yakni zat anthraquinone ini dapat berfungsi sebagai laktasif yang membantu meningkatkan hidrasi dan memproduksi lendir usus untuk melancarkan saluran pencernaan dan mempermudah pembentukan feses dalam pencernaan. Sehingga lidah buaya ini memiliki peran penting dalam melancarkan pencernaan.

Selain lidah buaya, brokoli juga dapat dikatakan sebagai salah satu jenis makanan yang dapat melancarkan pencernaan dimana kandungan atau komponen yang bermanfaat adalah karena kadar serat yang tinggi dan juga mengandung 4 gram serat serta 91% air yang bagus untuk mencegah dehidrasi dalam tubuh. Untuk hasil maksimal pengolahan brokoli ini harus dilakukan dengan tepat seperti dimasak dengan tepat dari cara dan juga proses pengolahannya.

Kemudian terdapat buah kiwi. Buah kiwi ini sering kali dijadikan topping untuk makanan yang manis yaitu seperti cake, es krim, atau juga pudding. Kiwi memang memiliki harga yang cukup mahal namun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan manusia. 5 gram serat terkandung dalam kiwi dan juga diikuti vitamin C yang dapat berperan menjadi antioksidan dan dapat melawan radikal bebas serta kadar fruktosa yang terdapat dalam buah kiwi juga terkategori rendah dan juga fruktosa merupakan gula alami yang terdapat dalam buah – buahan dan memicu terbentuknya gas dalam perut.

2 thoughts on “Makanan untuk Pelancar Pencernaan yang Bisa Kamu Coba, Enak Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *