7 Tips Kue Bolu Pandan Agar Lembut dan Mengembang

Tips Kue Bolu Pandan

Ayo Coba Tips Kue Bolu Pandan Ini

Tips kue bolu pandan dalam pembahasan ini bisa kamu lakukan untuk membuat kue yang lembut dan mengembang. Bolu pandan adalah salah satu cake yang disukai masyarakat Indonesia. Warnya yang hijau dan teksturnya empuk serta harum selalu dirindukan. Saking sukanya dengan bolu pandan, cake ini kerap disajikan sebagai kue untuk menyambut tamu atau antaran hari raya besar. 

Bolu pandan yang enak tidak hanya dari pandannya saja yang terasa, namun juga dari teksturnya yang empuk, lembut, dan mengembang. Sebenarnya tekstur ini dihasilkan dari bahan – bahan yang dipilih, teknik membuat adonan serta memanggang yang tepat. 

Nah, untuk mendapatkan kue bolu pandan yang sesuai harapan, simak 7 tips agar kue bolu lembut dan mengembang dibawah ini.

1. Metode Cake Yang Digunakan

Sebenarnya membuat bolu cake bisa dengan metode apapun, bisa dengan sponge atau butter cake. Tapi, jika ingin menghasilkan bolu pandan yang lembut dan mengembang, maka sebaiknya memilih metode chiffon cake. 

Chiffon cake memiliki tekstur yang ringan, empuk, lembut, serta mengembang sesuai kriteria. Bolu pandan ini dibuat dengan mencampurkan adonan cake dan adonan busa. Jika butter cake terbuat dari lemak berupa mentega, maka chiffon cake terbuat dari minyak sayur. 

2. Memilih Bahan Bolu Pandan

Bahan – bahan pembuatan bolu pandan terdiri dari tepung terigu protein rendah, gula pasir, minyak goreng, santan kental, air daun suji, kuning telur, putih telur, garam, dan gula pasir halus. 

Dua jenis gula digunakan disini untuk membuat adonan dan dijadikan bahan tambahan saat mengocok putih telur. Sementara warna hijau bolu pandan berasal dari air daun suji. 

3. Cara Membuat Adonan Bolu Pandan

Adonan pandan terbagi menjadi dua jenis, yaitu adonan cake dan adonan busa. Untuk membuat adonan cake, campurkan terlebih dahulu tepung terigu dan gula pasir halusnya. Di wadah terpisah, campurkan minyak goreng, santan, air daun suji, dan pewarna hijau secara perlahan. Pastikan tidak ada gelembung karena diaduk terlalu cepat. 

Kemudian tambahkan kuning telur, sisihkan. Setelah adonan cake jadi, lanjutkan dengan membuat adonan busa yang merupakan kocokan putih telur.

4. Tips Mengocok Putih Telur

Tips agar kue bolu lembut dan mengembang tidak bisa lepas dari kocokan putih telur yang digunakan. Kocokan putih telur tersebut akan menghasilkan adonan busa yang nantinya dicampurkan ke adonan bolu. 

Sebelum mengocok putih telur, pastikan wadah yang digunakan bersih dari lemak maupun kotoran lain. Karena jika masih ada lemak, jangan harap kocokan putih telur bisa mengembang sempurna. Kocok putih telur dengan kecepatan sedang saja, karena kecepatan tinggi justru lebih mudah memecah adonan busa. 

5. Tips Mengaduk Adonan

Setelah adonan busa jadi, saatnya mencampurkannya dengan adonan bolu. Perlu diingat, adonan busalah yang dituangkan kedalam adonan bolu. Prinsipnya adalah adonan yang lebih ringan diaduk kedalam adonan yang teksturnya lebih berat menghindari pengadukan adonan yang lama.

6. Tips Menuangkan Adonan Bolu Pandan ke dalam Loyang

Usahakan menggunakan loyang chiffon atau loyang tulban yang dibagian tengahnya bolong. Sebaiknya gunakan loyang tulban bongkar pasang agar bolu pandan bisa mudah dikeluarkan. 

Perlu diingat, untuk membuat chiffon cake, loyangnya tidak perlu diolesi margarine. Catat, cake ini akan mengembang dan margarin justru mencegah bolu mengembang sempurna. 

Sambil dituangkan kedalam loyang, sembari diaduk agar adonan tercampur rata. Namun, perlu diingat, mengaduknya pelan – pelan saja. 

7. Tips Memanggang Bolu Pandan

Sebelum memanggang bolu, jangan lupa untuk memanaskan dulu oven agar sesuai suhunya. Kemudian panggang cake kira – kira 95 menit. Bolu ini memang dipanggang lebih lama karena tekstur adonannya yang lebih cair. 

Jika ingin membuat cake yang merekah, kuncinya adalah oven dulu selama 20 menit dengan suhu 160 derajat celcius kemudian keluarkan dan kerat dengan pisau. Setelah itu, lanjutkan dengan memanggang selama 50 menit dengan suhu 140 derajat celcius. Terakhir, naikkan suhu menjadi 150 derajat celcius dan oven selama 25 menit. 

Dengan menerapkan tips kue bolu pandan di atas, kue bolu pandan yang kamu buat akan seperti yang dibeli di toko bakery. 

Baca Juga: 3 Resep Kue Ulang Tahun Yang Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *