Tips Agar Anak Bisa Mandiri dan Tidak Cengeng

ayawanita.com – Yang namanya orangtua tentunya ingin memiliki anak mandiri dan tidak cengeng. Lalu bagaimana carannya supaya anak bisa mandiri dan tidak cengeng? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan tips-tipsnya sebagai berikut :

1. Lakukan Komunikasi Yang Intens

Cara yang pertama agar anak bisa mandiri dan tidak cengeng adalah dengan melakukan komunikasi yang intens antara orangtua dan anak. Bahkan, kegiatan komunikasi ini harus mulai dibangun sejak si kecil masih di dalam kandungan atau proses kehamilan hingga dewasa. 

Dengan terbangunnya komunikasi yang baik, sehingga orangtua akan lebih mudah untuk memahami keinginan anak dan memberikan pengertian tentang bagaimana bersikap, hal yang boleh dan tidak boleh.

2. Jangan Pernah Memukul Anak

Cara membuat anak agar bisa mandiri dan tidak cengeng berikutnya adalah jangan pernah memukul anak. Boleh saja anda sebagai orangtua memarahi sang anak atau memberikannya peringatan saat ia melakukan kesalahan, namun jangan sampai anda memukul anak. Karena dengan memukul anak, justru hal ini akan membuat sang anak semakin takut pada orangtua, tertutup, dan mudah menangis alias cengeng. 

3. Batasi Keinginan Anak Yang Harus Dituruti

Karena terlalu sayang dengan anak sehingga orangtua akan menuruti semua keinginan anak. Namun, dengan menuruti semua keinginan sang anak, justru hal ini akan membuat si kecil sangat manja dan tidak mandiri dan bisa membuatnya cengeng saat keinginannya tidak dituruti. 

Dalam hal ini, sebaiknya orangtua membatasi keinginan mana saja yang harus dipenuhi dan mana yang tidak perlu dituruti dengan memberikan alasan penolakan yang bisa dipahami oleh sang anak. 

4. Abaikan Tangisan Anak

Agar anak menjadi mandiri dan tidak cengeng maka abaikan saja saat sang anak menangsi kencang saat keinginannya tidak dituruti setelah memberikan perngertian dan peringatan. 

Kondisi ini akan membuat anak berangapan bahwa dengan menangis bukanlah sebuah solusi dan hanya akan membuang waktu dan tenaga saja. 

Baca Juga : Inilah Lagu Anak-Anak Islami yang Nostalgic dari Tasya!

5. Ajari Anak Gaya Hidup Yang Sederhana

Biasanya seorang anak akan menjadi tidak mandiri dan cengeng saat semua yang diinginkannya bisa terpenuhi dengan mudah. Maka dari itu, walaupun anda sebagai orangtua mampu untuk memberikan semua keinginan anak, namun cobalah untuk mendidiknya dengan hidup sederhana dan tidak berlebihan. Karena dengan mengajarinya pola hidup sederhana juga termasuk dalam cara mendidik anak yang baik dan benar. 

6. Libatkan Anak Untuk Melakukan Aktivitas Sehari-Hari Di Rumah

Biasanya anak akan menjadi manja dan cengeng saat ia terus dilayani tanpa harus melakukan suatu usaha terlebih dahulu. Nah, untuk menjadikannya lebih mandiri, libatkan anak dalam melakukan aktivitas sehari-hari di rumah sejak dari kecil. Tentunya, pekerjaan rumah yang dilakukan ini harus sesuai dengan kemampuan sang anak.

7. Ajarkan Dengan Agama

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar anak menjadi mandiri dan tidak cengeng ini adalah dengan mengajarkan agama pada anak sejak dini. Karena dengan mengajarkan agama pada anak sejak kecil, maka sang anak akan mengetahui hal-hal baik yang harus dilakukan dan hal-hal buruk yang harus dihindari. 

Sebagai orangtua, anda harus menjadi suri tauladan bagi sang anak. Artinya, anda harus memberikan contoh yang baik sehingga anak bisa menirunya. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang tips agar anak menjadi anak mandiri dan tidak cengeng, semoga bermanfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *