3 Trimester Kehamilan dan Hal – Hal yang Akan Terjadi

3 Trimester Kehamilan dan Hal – Hal yang Akan Terjadi

Berbicara tentang kehamilan, kita sering mendengar kata ‘trimester’. Trimester merupakan pembagian masa kehamilan yaitu trimester 1 (1-13 minggu), trimester 2 (14-27 minggu), trimester 3 (28-41). Pada tiap trimester, ibu mengandung akan mengalami hal – hal yang berbeda.

Trimester pertama

  • Pada trimester ini, Anda mungkin tidak terlihat hamil sama sekali. Sebagian besar ibu yang baru pertama kali melahirkan, babby bump akan mulai muncul setidaknya pada minggu ke-12. Namun, jika ini bukan bayi pertama Anda, maka Anda mungkin akan mulai melihatnya muncul lebih cepat, karena otot-otot di rahim (rahim) dan perut Anda telah meregang dari kehamilan sebelumnya.
  • Kehamilan dihitung sejak hari pertama haid terakhir. Selama sekitar 15 hari pertama tubuh Anda akan menjalani rutinitas normalnya – menebalkan rahim dan melepaskan satu atau dua sel telur. Secara teknis Anda belum hamil. Tetapi sekitar minggu ke-2 atau ke-3, jika sel telur bertemu sperma dan terjadi pembuahan, maka itulah saatnya!
  • Sel telur yang telah dibuahi kemudian berjalan menuruni tuba falopi, membelah dan membelah kembali, hingga mencapai rahim. Ini kemudian akan mengubur dirinya ke dalam dinding (implantasi) di mana bundel kecil Anda akan membuat dirinya sangat nyaman selama sembilan bulan ke depan. Pada empat minggu, telur Anda sekarang menjadi embrio – dan Anda hamil!

Trimester kedua

  • Benjolan bayi kecil atau babby bump sekarang mungkin terlihat saat rahim Anda tumbuh ke atas dan ke luar. Jika Anda sering merasa ingin buang air kecil, maka itu akan berhenti saat rahim menjauh dari kandung kemih Anda. 
  • Pada saat buang air kecil, seharusnya Anda tidak akan mengalami rasa sakit. Jika hal itu terjadi, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter dan mengkonsultasikannya. Hal tersebut dapat menjadi tanda telah terjadinya infeksi.
  • Sementara itu, ada lebih banyak darah yang dipompa di sekitar area panggul Anda dan beberapa wanita merasa bahwa hal itu mengirimkan dorongan seksual lebih tinggi dari biasanya. Berhubungan seks pada masa kehamilan adalah hal yang normal, namun Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau bidan.
  • Pada trimester kedua ini pula Anda akan merasa lebih haus sehingga Anda perlu mengonsumsi lebih banyak air. Air putih adalah rekomendasi yang lebih tepat dari jenis air minum lainnya.

Trimester ketiga

  • Pada trimester ketiga, Anda mungkin mengalami mulas ringan dan gangguan pencernaan. Itu tergantung pada pertumbuhan bayi Anda dan hormon yang memengaruhi sistem pencernaan Anda.
  • Punggung Anda juga akan mengalami ketegangan, karena beban ekstra yang Anda bawa. Sendi dan ligamen Anda juga akan lebih longgar dari biasanya.
  • Pergelangan kaki, kaki, dan wajah Anda bisa sedikit membengkak, terutama saat cuaca panas. Ini mungkin karena retensi air, namun Anda disarankan untuk rajin memeriksakan hal ini untuk berjaga-jaga jika itu pre-eklampsia. 
  • Pre-eklampsia adalah kondisi di mana Anda mungkin merasa sangat sehat, tetapi kemudian tekanan darah Anda bisa menjadi sangat tinggi dalam waktu yang sangat cepat.
  • Pada trimester ini, Anda perlu membicarakan tentang gerakan-gerakan yang dapat membantu Anda lebih rileks dan sehat. Umumnya, ibu mengandung pada trimester ini mulai melakukan olahraga ibu hamil seperti senam kehamilan dan yoga khusus ibu hamil.
  • Anda mungkin akan merasa lelah dan malas, namun rajin bergerak sangatlah disarankan untuk membantu proses kelahiran yang lancar.

BACA JUGA : 4 Posisi Seks Agar Cepat Hamil yang Terbukti Manjur

Leave a Reply

Your email address will not be published.