Kata-Kata Bijak Tentang Cinta

Ada salah satu kata-kata bijak tentang cinta yang mengungkapkan bahwa cinta sejati tak harus memiliki. Kalimat tersebut sangat tepat mencerminkan bagaimana seharusnya cinta itu diperlakukan. Seorang manusia yang mencintai manusia lain memang tak selamanya harus bersama hingga akhir hayatnya.

Ketika cinta antara kedua insan tak lagi bisa membawa kebahagiaan bagi mereka berdua dan juga lingkungan sekitarnya, pada dasarnya cinta tersebut terlalu dipaksakan. Jika seseorang memandang hal tersebut adalah sebuah pengorbanan, maka orang tersebut telah salah menilai mana cinta dan mana komitmen.

Cinta Dan Komitmen Adalah Hal Yang Berbeda

kata-kata-bijak-cinta

Orang seringkali mengaitkan cinta dan komitmen laksana kedua hal tersebut adalah satu hal yang sama. Cinta dan komitmen adalah sesuatu hal yang berbeda namun kedua hal tersebut bisa melengkapi. Cinta tidak memerlukan pengorbanan karena cinta adalah sebuah perasaan yang bisa diungkapkan atau tidak diungkapkan.

Sedangkan sebuah komitmen adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan dengan berbagai macam konsekuensi yang menyertainya. Komitmen harus diungkapkan, dan cinta tidak selalu harus diungkapkan. Antara cinta dan komitmen bisa saling melengkapi, karena tuntutan gaya hidup dan juga budaya yang telah membentuknya.

Saat anda mencintai seseorang anda bisa memilih untuk berkomitmen hidup bersama orang tersebut atau memutuskan untuk hanya sekedar menaruh rasa cinta. Cinta dengan komitmen seperti pernikahan sudah pasti membutuhkan pengorbanan dan berbagai macam konsekuensi yang mengikutinya.

Anda tak bisa lari dari kenyataan pahit ketika anda telah berkomitmen mencintai seseorang dan ternyata hal tersebut membawa anda pada kerugian. Inilah yang pada akhirnya membengkokkan makna cinta sesungguhnya, seperti kata-kata bijak tentang cinta bahwa cinta membutuhkan pengorbanan dan mater.

Cinta adalah rasa, bagaimana mungkin seseorang harus mengorbankan sesuatu hanya untuk merasa, bukankah itu sangat bodoh sekali. Hak untuk merasa adalah hak yang dimiliki setiap manusia tanpa harus ada yang mempolitisir dan juga memonopoli. Setiap orang bisa merasakan bahagia sesuai dengan keunikannya masing-masing.

Baca Juga :

Cinta Adalah Sesuatu Yang Rumit

kata-kata-bijak

Saat berbicara tentang perasaan artinya adalah sesuatu yang tidak empiris dan sangat relatif sekali. Ketidakpastian dalam cinta inilah yang membuat cinta sangat rumit dan bisa diartikan dengan luas tergantung dengan pemahaman setiap individu yang menafsirkannya. Bagaimana cinta ditafsirkan setiap orang pasti memiliki opini yang berbeda.

Berbagai macam kata-kata bijak tentang cinta yang dikeluarkan oleh berbagai kalangan mencerminkan bagaimana cinta sangat relatif. Kerumitan cinta juga tak lepas dari perkembangan zaman, bagaimana orang menyikapi cinta di tahun 90an dan di tahun ini sangat jauh berbeda.

Yang selama ini masih sama tentang cinta adalah bahwa cinta membawa kebahagiaan. Ya, cinta bisa membawa kebahagiaan bagi seseorang meskipun kadang pada kenyataannya orang tersebut hanya melupakan kesedihannya karena adanya cinta yang membuatnya lupa pada realita kehidupan yang sedang ia jalani.

Cinta bisa saja menjadi sebuah pelarian dan tak ada bedanya dengan obat-obatan terlarang. Orang mencari kebahagiaan dengan berbagai cara, cinta tak luput dari itu semua. Karena selama ini cinta selalu dikaitkan dengan kebahagiaan maka orang-orang berlomba untuk mencari cinta agar bisa mendapatkan cinta.

Secara logika memang seharusnya cinta bisa membawa kebahagiaan bagi yang menjalani, namun cinta antara kedua insan tak selamanya membawa kebahagiaan, selalu saja ada perbedaan yang pada akhirnya membuat seseorang jatuh merana karena mencintai seseorang yang ia anggap adalah belahan jiwanya.

Yang menambah rumit, cinta antara manusia bisa membawa kekecewaan, namun cinta pada sesuatu selain manusia misalnya cinta terhadap hobi sangat sedikit sekali kasus bisa menyebabkan patah hati. Inilah yang membuat cinta sangat rumit dan relatif, tak ada patokan pasti bagaimana dijalani dan bagaimana cinta berakibat pada manusia.

Baca Juga : Kata-Kata Bijak Tentang Cinta dari Kisah Cinta Habibie dan Ainun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *