Nuansa Adat nan Elegan untuk Resepsi

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali suku, bahasa dan adat istiadat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap etnis tentu saja memilik perbedaan satu dengan yang lain, termasuk juga tata cara penikahan adat yang memiliki ciri khasnya masing-masing di setiap daerah.

Generasi sekarang mampu mempertahankan adat istiadatnya sekalipun jaman dan teknologi sudah sangat maju dan berkembang. Contohnya, banyak calon mempelai yang tetap mempertahankan berlangsungnya prosesi pernikahan adat dalam rangkaian acara pernikahan mereka meski jaman sekarang sudah banyak acara-acara pernikahan yang diadaptasi dari luar negeri. Bahkan ada juga yang melaksanakan keduanya, prosesi pernikahan adat yang dilanjutkan dengan resepsi bernuansa modern. 

Menghadirkan pernikahan bernuansa adat ditengah perkembangan jaman pasti memiliki arti tersendiri bagi kedua mempelai dan keluarga. Salah satu cara kita untuk tetap ikut melestarikan kebudayaan dan identitas daerah kita adalah dengan memanfaatkan tempat-tempat yang memiliki nilai adat sebagai lokasi resepsi, yang tentunya terbuka untuk umum. Memang tidak banyak tempat-tempat tersebut tersedia di sekitar kita, namun kita tetap bisa menghadirkan nuansa adat di gedung yang kita sewa.

Nah, berikut beberapa dekorasi pelaminan dengan nuansa adat yang bisa menjadi inspirasi acara resepsimu nanti.

1. Dekorasi Khas Minang, Sumatera Barat

Ciri khas dari pelaminan Minang yang biasanya di dominasi oleh warna emas atau merah adalah dekorasi yang menambahkan detail rumah gadang khas Minang dengan atap yang mejulang tinggi. Dan ternyata, untuk menambah gemerlapnya pelaminan Minang, ada beberapa detail lain yang harus diperhatikan juga, seperti kain backdrop yang harus disulam dengan ukiran khas Minang menggunakan benang warna emas, menggantungkan hiasan angkin dan karamalai khas Minangkabau, menempatkan Galuang di sisi kedua mempelai dan juga menambahkan kain kelambu dengan jumlah yang ganjil dan berlapis di belakang pelaminan kedua mempelai. 

Rekomendasi Dekorasi Pernikahan Favorit Untukmu, Intip di Sini Yuk! •  Wedding Market

2. Dekorasi Khas Bugis, Sulawesi Selatan

Menurut kabar yang beredar, pernikahan adat Bugis termasuk sebagai salah satu pernikahan termahal di Indonesia. Bagaimana tidak, acara pernikahan ini benar-benar melibatkan seluruh keluarga besar dari kedua mempelai. 

Dekorasi Pengantin Bugis - Kumpulan Dekorasi Terbaik

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah ciri khas dalam tata dekorasi pelaminan adat Bugis. Rumah panggung khas Bugis diadaptasi menjadi pelaminan utama dengan hiasan-hiasan berwarna emas, merah, hijau ataupun kuning seperti payung-payung pendamping dan kain khas baju bodo sebagai backdrop

3. Dekorasi Khas Betawi, Jakarta

Pelaminan khas Betawi rasanya kurang lengkap tanpa dekorasi gebyok sebagai aksen utamanya.

Dekorasi pernikahan, Dekorasi perkawinan, Pernikahan

Pelaminan utama dengan nuansa klasik nan simpel dan elegan, yang  sangat kental dengan budaya Betawi. Dilengkapi dengan kursi kayu jadul berwarna coklat, lampu gantung, hiasan bunga kelapa berwarna-warni dan miniatur ondel-ondel akan membuat pestamu semakin berkesan.

4. Dekorasi Khas Sunda, Jawa Barat

Dekorasi pelaminan khas Sunda sedikit berbeda dengan dekorasi adat Jawa, misalnya backdrop kayu yang lebih menonjol dan hiasan bunga-bunga segar yang banyak di pelaminan utama yang memberi kesan elegan. Di samping itu penggunaan kursi kayu di pelaminannya sedikit lebih pendek dari pada yang digunakan pada dekorasi adat Jawa. Sebagai salah satu kesenian khas Sunda, dekorasi kayu berbentuk Wayang juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap dekorasi.

Dekorasi Pernikahan Adat Sunda yang Menginspirasi, Para Mojang Perlu Coba  Ini! • Wedding Market

5. Dekorasi Khas Dayak, Kalimantan Tengah

Di Kalimantan tengah sendiri, setiap kabupaten/kota memiliki ornamen adat masing-masing, namun tetap menggunakan miniatur Rumah Betang dengan atap sirapnya dan backdrop yang dipayet dengan manik-manik membentuk pola Batang Garing sebagai ornamen  dasar dekorasi pelaminannya dengan warna-warna cerah seperti warna gold, merah, biru atau pun hijau. Kursi pengantin pun biasanya menggunakan kursi kayu panjang untuk kedua mempelai. Tidak sedikit juga yang menambahkan background kayu dengan ukiran-ukiran khas Dayak. 

Menikah dengan Adat Dayak, Pasangan Theo-Maria Hadiahi 1500 Souvenir Bibit  Tanaman ke Tamu Undangan - Tribunpontianak.co.id

Baca Juga : Resepsi Modern Nan Elegan

Wah, ternyata pesta modern yang dipadukan dengan nuanasa adat tetap keren dan elegan ya gengs. Kira-kira kamu tertarik untuk mengadopsi dekorasi pelaminan yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *