4 Tren Gaya Hidup Negatif Yang Tidak Disadari Wanita Muda Masa Kini

Gaya hidup yang dijalani wanita muda masa kini memang banyak dimudahkan berkat kemajuan teknologi dan juga beragam pilihan makanan serta kegiatan yang bisa dilakukan. Sayang, gaya hidup yang serba mudah tersebut justru berdampak buruk pada kesehatan. Meski tampak simple dan canggih, namun gaya hidup wanita muda yang banyak diadopsi masa kini rupanya meningkatkan risiko munculnya beragam penyakit yang bisa menjadi boomerang di masa mendatang.

Sehat tidaknya gaya hidup seorang wanita bukan dilihat dari apa yang dikonsumsinya sehari hari. Nyatanya, rutinitas yang dilakukan dalam keseharian juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Selain begadang yang sering dianggap sebagai kebiasaan buruk wanita, seiring berkembangnya zaman, makin banyak juga “tren” gaya hidup yang juga sama buruknya, namun mereka tidak menyadarinya. Apa sajakah itu?

Berikut dibawah ini 4 tren gaya hidup negatif yang tidak disadari wanita muda masa kini :

Mengkonsumsi Minuman Manis
Banyak sekali minuman kekiniaan yang disukai dan menjadi populer dikalangan wanita muda masa kini. Seperti minuman bersoda dan boba tea atau bubble tea. Boba tea merupakan minuman kekiniaan yang terbuat dari teh, susu, gula, aneka ragam sirup, dan topping. Pamor boba juga datang dari sensasi kenyal ketika mengunyah bobanya (tapioca pearl) yang terbuat dari tepung tapioka.

Selain rasanya yang manis legit, boba juga turut menjadi simbol gaya hidup lantaran penampilan sajiannya yang indah untuk dipamerkan di media sosial. Sayang, boba tea ini ternyata dapat memberikan dampak buruk kesehatan serius.

Minum Kopi Susu Manis
Sepertinya kopi susu telah menjadi minuman sehari hari wanita muda masa kini. Sebenarnya, kandungan chlorogenic acid dalam kopi bermanfaat bagi tubuh. Cholorogenic acid akan diserap oleh usus halus untuk kemudian membantu mengatur kadar gula tubuh. Dalam hal ini, nantinya chlorogenic acid yang diserap tubuh dapat menghambat penyerapan glukosa.

Selain itu, chlorogenic acid juga dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Meski begitu, penambahan susu pada kopi dapat mengurangi kadar chlorogenic acid dalam tubuh hingga 28 persen. Apalagi, kopi susu manis yang menjadi simbol dari gaya hidup wanita muda masa kini mengandung gula yang tidak sedikit.

Bermain Ponsel Sebelum Tidur
Bermain ponsel sebelum tidur merupakan aktivitas yang kerap dilakukan wanita muda masa kini. Sayang, kegiatan yang mengasyikan itu membawa dampak buruk bagi kesehatan. Penggunaan ponsel selama lebih dari 60 menit dapat menurunkan produksi melatonin atau hormon pemicu ngantuk, sehingga menyebabkan sulit tidur dan kualitas tidur pun berkurang.

Jumlah melatonin yang berkurang semakin signifikan saat kamu bermain ponsel di kamar yang gelap. Namun, saat mata terpapar cahaya ponsel, maka tubuh pun akan mengartikannya sebagai “siang hari” sehingga produksi melatonin dihentikan. Efeknya, kamu pun akan merasa segar dan tidur jadi tertunda.

Kerja Memang Laptop Terlalu Dekat Dengan Mata
Menonton film atau serial di laptop merupakan salah satu kegiatan yang makin digandrungi wanita muda masa kini. Sayang, mereka kerap kali menaruh laptopnya dipaha. Dalam satu aktivitas ini terdapat tiga aspek yang terkena dampak buruknya yaitu reproduksi, postur tubuh, juga kesehatan mata.

Panas elektromagnetik dari mesin laptop yang dipangku dan radiasi frekuensi Wi-Fi lama kelamaan mampu meningkatkan suhu internal buah zakar. Kebiasaan kerja dengan laptop tanpa penyangga yang baik dapat menyebabkan postur tubuh semakin membungkuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *