5 Fakta Unik dan Menarik Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

ayawanita.com – Pulau Lombok yang menjadi salah satu bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara Barat (NTB), saat ini telah menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia. Berbagai jenis fasilitas wisata di pulau ini siap memanjakan setiap orang yang datang. Maka tak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok semakin meningkat setiap tahunnya. Namun tahukah kamu kalau masih banyak yang belum mengetahui fakta unik pulau lombok . Banyak dari mereka yang ragu untuk menjadikan Pulau Lombok sebagai tujuan destinasi wisata mereka. 

Fakta Unik dan Menarik dari Pulau Lombok yang Harus diketahui

Kebanyakan orang yang enggan berkunjung ke Lombok menganggap pulau ini biasa saja. Padahal sebenarnya ada banyak hal menarik tentang pulau kecil yang indah ini. Apa fakta menarik ini? Berikut daftar fakta unik dan menarik yang perlu diketahui.

1. Lombok artinya lurus

Lombok sebenarnya berasal dari bahasa Sasak “lomboq” yang artinya lurus. Nama Lombok konon diberikan untuk mengenang perjalanan panjang nenek moyang orang Lombok saat menemukan pulau tersebut. Seiring berubahnya zaman, kata Lombok lebih sering digunakan. Lagipula, kata Lombok kini semakin populer dan dikenal banyak orang.

2. Asal muasal suku Sasak di Lombok

Asal muasal suku Sasak masih menjadi bahan perdebatan di kalangan ilmuwan. Beberapa ahli percaya bahwa suku Sasak berasal dari pulau Lombok yang menikah dengan pendatang dari Jawa pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Sementara itu, ada yang meyakini bahwa suku Sasak merupakan keturunan dari suku Jawa Kuno. Hal ini didasarkan pada pendekatan etimologis bahwa kata sasak berasal dari kata “sah” yang berarti pergi dan “shaka” yang berarti leluhur, yang diartikan seluruhnya sebagai “kembali ke tanah leluhur”. Terlepas dari berbagai polemik yang ada, semua orang sepakat bahwa suku Sasak telah mendiami benua Lombok selama ratusan tahun.

Baca Juga : Inilah 2 Baju Wanita yang Lagi Hits Di Dunia

3. Gunung berapi terbesar kedua di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi terbesar kedua di Indonesia, dengan ketinggian lebih dari 3.726 mdpl. Secara administratif gunung ini berada di tiga kabupaten yaitu wilayah Lombok bagian timur, tengah dan barat. Namanya begitu terkenal di kalangan wisatawan dan pendaki karena terdapat banyak spot pendakian yang indah di sana. 

4. Area bebas kendaraan bermotor

Di dunia internasional, diketahui ada beberapa wilayah yang melarang penggunaan kendaraan bermotor. seperti  pulau Hydra yang berada di Teluk Saronic, Yunani. Namun siapa sangka ternyata ada juga pulau bebas kendaraan bermotor di Indonesia yaitu Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Kendaraan bermotor tidak boleh digunakan.

Undang-undang yang melarang penggunaan kendaraan bermotor didasarkan pada aturan adat yang kemudian diadopsi oleh otoritas setempat. Karenanya, seluruh penghuni harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk aktivitas sehari-hari. Jika perjalanan terlalu jauh, Anda Cidomo yang berupa kereta kuda.

Keunikan ini ternyata menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau seluas 340 hektar ini terus bertambah.

5. Rasa pedas dari masakannya

Bagi pecinta masakan pedas, Lombok bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk memanjakan lidah Anda. Pasalnya, pulau ini memiliki rasa pedas yang unik. Diantaranya adalah ayam Taliwang, terong beberuk, jalinan kangkung, sate bulayak, sate rembiga dan masih banyak lagi lainnya.

Rasa pedas khas daerah ini dipengaruhi oleh cabai asli daerah sana yang memiliki pamor pedas yang sangat nikmat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika banyak yang mengatakan kawasan ini merupakan gudang makanan pedas.

Itu dia 5 fakta Unik dan menarik yang perlu Anda ketahui mengenai Pulau Lombok. Untuk mengetahui informasi lainnya tentang kumpulan berita NTB hari ini terbaru atau berita terbaru lainnya, kunjungi saja portal berita yang selalu update yaitu jogja.idntimes.com.

Baca Juga : 4 Fakta Unik Destinasi Wisata Gili Trawangan yang Ada di Nusa Tenggara Barat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *